Dientry oleh Risda Hutagalung - 27 November, 2019 - 561 klik
Edutainment, Konsep Wisata Ilmiah Berbasis Penelitian dan Pengembangan di BP2LHK Manado

BP2LHK Manado (Manado, November 2019) _“Edutainment adalah edukasi dengan cara yang menyenangkan untuk memperkenalkan wisata ilmiah yang ada di BP2LHK Manado,” Dr. Ir. Sylvana Ratina, M.Si,” ujar Sekretaris Badan Litbang dan Inovasi (BLI) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) ketika memberikan pembinaan sekaligus arahan kepada seluruh jajaran pegawai Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Manado, Jumat (22/11/2019). 

Didampingi Kepala BP2LHK Manado, Mochlis, S.Hut.T, MP, Sylvana juga mengatakan BP2LHK Manado punya banyak hasil-hasil penelitian dan pengembangan yang bagus untuk dikemas menjadi sebuah wisata ilmiah yang menyenangkan dan menarik masyarakat. 

“Sebagai contoh anoa yang merupakan satwa endemik Sulawesi bisa menjadi destinasi kunjungan yang eksklusif dan unik serta apabila dikemas dengan cara yang menyenangkan akan sangat menarik untuk dikunjungi baik dari wisatawan lokal maupun mancanegara sehingga berpotensi sebagai sumber PNBP,” ujar Sylvana lebih lanjut. 

Pada kesempatan yang sama, Kepala BP2LHK Manado, Mochlis, S.Hut.T, MP, mengatakan bahwa konsep wisata ilmiah di Anoa Breeding Centre (ABC) BP2LHK Manado merupakan bentuk Proyek Perubahan (Proper) yang sedang dikerjakan oleh Pejabat Struktural Eselon IV BP2LHK Manado yang menjalankan Diklat Kepemimpinan Tingkat IV yaitu Alex Novendra, S.Hut, M.S.E (Kasie Sarana Penelitian), Lulus Turbianti, S.Hut (Kasie Data, Informasi dan Kerjasama) dan Safrudin Mokodompit, SP (Kasie Program dan Evaluasi). 

Sekretaris BLI, Dr. Ir. Sylvana Ratina, M.Si juga memberi motivasi untuk seluruh aparatur sipil Negara (ASN) BP2LHK Manado untuk senantiasa bekerja dengan jujur, tertib dan bersemangat. Khusus kepada Kepala BP2LHK Manado, dipesankan agar memfasilitasi dan mendukung Proper yang sedang dikerjakan hingga bisa diaplikasikan dengan baik. 

Dalam kunjungan kerjanya kali ini, Sekretaris BLI juga mengunjungi Klink Anoa Breeding Centre (ABC) BP2LHK Manado dan melakukan tinjauan lapangan di demplot Tanaman Cempaka Project kerja sama luar negeri antara BP2LHK Manado dengan ITTO  Project “PD 646/12 Rev.3 (F) “Initiating the Conservation of Cempaka Tree Species (Elmerrillia spp.) through Plantation Development with Local Community Participation in North Sulawesi, Indonesia” yang terletak di Desa Kembes Kabupaten Minahasa. Didampingi Kepala BP2LHK Manado, dalam kunjungan ini Sekretaris BLI menanam pohon Cempaka Wasian (Magnolia spp.). ***(MFF) 

 

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan Manado

Jl. Raya Adipura Kel. Kima Atas, Kec. Mapanget, Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara (Indonesia)

 

Email :

publikasi.bpkmdo@yahoo.com

bp2lhkmanado@gmail.com

bpk_mdo@forda-mof.org

Website :

www.manado.litbang.menlhk.go.id

www.balithut-manado.org

E-Jurnal :

http://ejournal.forda-mof.org/ejournal-litbang/index.php/JWAS

Penulis : M. Farid