Dientry oleh Risda Hutagalung - 03 December, 2019 - 901 klik
Delegasi Fiji dan Timor Leste Magang Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan

B2P2BPTH (Yogyakarta, November 2019) _Kepala Balai Besar Litbang BPTH Yogyakarta (Biotifor), Dr. Nur Sumedi, S.Pi., MP., berharap pembelajaran yang didapat delegasi negara Fiji dan Timor Leste, peserta magang Internship Programme on Forest Biotechnology and Landslide Mitigation di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), khususnya di Babes Litbang Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan (BPTH), dapat menginspirasi untuk diterapkan di negaranya masing-masing. Terkait itu, Biotifor siap menjadi fasilitator di bidang bioteknologi dan pemuliaan hutan.

Hal ini disampaikan Nur Sumedi saat menutup acara tersebut, Jumat (29/11/2019) seiring dengan ucapan terima kasihnya kepada panitia penyelenggara, peserta dan narasumber sehingga kegiatan magang yang dilaksanakan 25-30 November 2019 tersebut berjalan dengan baik.

”Kami perwakilan peserta magang dari Fiji sangat berterimakasih kepada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dan Pemerintah Indonesia,” ujar Mr. Jale Tauraga, Director of SIlviculture Research dari Kementerian Kehutanan Republik Fiji dalam testimoninya.

Secara keseluruhan, materi magang yang dilaksanakan di Balai Besar Litbang BPTH, diawali dengan materi “Several Serious Diseases at Indonesian Plantation“ dengan narasumber Nur Hidayati S.Hut, M.Sc dan Siti Husna Nurrohmah, S.Si. Pada hari yang sama peserta magang diajak berkeliling di laboratorium Genetika Molekuler yang dipandu oleh Dr. Istiana Prihatini, S.Si.,M.Si.

Setelah jeda makan siang materi diisi dengan topik “The Conservation and Tree Breeding Research on Cendana (Santalum album)” oleh Yohannes Wibisono, S.Hut., M.For.Ecosys.Sc. dan langsung dilanjutkan Tissue Culture Technique of Sandalwood oleh Fithry Ardhany, S.Hut, M.Sc dan Endin, S.Hut.

Hari kedua, peserta magang diajak berkunjung ke plot konservasi genetik nyawai (Ficus variegata Blume) yang dibuat pada tahun 2012 di RPH Mangunan Yogyakarta dengan narasumber Liliek Haryjanto, S.Hut.,M.Sc. dan Prastyono, S.Hut.,M.Sc.

Hari terakhir kegiatan magang ini diisi dengan pelatihan di Bioenergy laboratory: Biofuel production from seed of Nyamplung (Calophyllum inophyllum) dengan narasumber Prof. Dr. Ir. Budi Leksono, MP. bersama tim, serta kunjungan dan praktik penyulingan di destilation unit kayuputih (Melaleuca cajuputi). Pelatihan sendiri ditutup dengan acara cultural heritage pada Sabtu (30/11/2019) berupa kunjungan ke Candi Prambanan.***

 

Balai Besar Litbang Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan :

Jl. Palagan Tentara Pelajar KM15 Purwobinangun Pakem Sleman DI Yogyakarta (Indonesia)

Email                : breeding@biotifor.or.id

Website            : www.biotifor.or.id

Instagram          : www.instagram.com/biotifor_jogja

Facebook         : www.facebook.com/Balai-Besar-Litbang-BPTH-187407891327294

E-Journal             : http://ejournal.forda-mof.org/ejournal-litbang/index.php/JPTH/index

Penulis : Tim website