Dientry oleh Dyah Puspasari - 07 December, 2019 - 814 klik
BP2TSTH Kuok Gandeng BNI Bangun Ecobee Park

BP2TSTH (Kuok, Desember 2019)_Balai Litbang Teknologi Serat Tanaman Hutan (BP2TSTH) Kuok menggandeng BNI Cabang Bangkinang-Riau untuk membangun Ecobee Park. Kerjasama ini bertujuan mengembangkan sarana edukasi ekowisata lebah madu bagi kalangan mahasiswa, pelajar dan petani, selain sebagai upaya konservasi dan revitalisasi arboretum BP2TSTH Kuok. 

“Arboretum BP2TSTH memiliki koleksi beraneka ragam jenis tanaman kehutanan dengan luas + 9 ha yang dapat dijadikan sebagai sumber pakan lebah penghasil madu seperti Trigona spp, Apis cerana maupun Apis mellifera,”jelas Priyo Kusumedi, S.Hut., M.P., Kepala BP2TSTH Kuok, saat menyambut kehadiran rombongan BNI Cabang Bangkinang beserta rombongan di kantornya, Kamis (5/12). 

Dipimpin oleh Novan Dewa Nandi, Pimpinan Cabang BNI Bangkinang, kunjungan BNI ke BP2TSTH ini dalam rangka menindaklanjuti proposal kerjasama dari BP2TSTH Kuok. Diskusi santai membahas proposal dilakukan di Taman Diskusi Selulosa BP2TSTH Kuok. 

Baca juga: BP2TSTH Kuok Bekali Penyuluh KPH Pelatihan Lebah Madu

“Tujuan dari kerjasama ini antara lain untuk mengembangkan kegiatan rehabilitasi dan konservasi arboretum sebagai habitat ideal untuk perkembangan lebah dalam bentuk taman yang berkonsep ecobee park serta untuk mengembangkan kegiatan perlebahan dengan merevitalisasi tiga jenis lebah A. cerana, A. mellifera, dan Trigona itama,” tambah Priyo. 

BNI Cabang Bangkinang menyambut baik proposal tentang konservasi dan revitalisasi habitat arboretum sebagai sarana pembelajaran lebah madu di lingkungan Kantor BP2TSTH Kuok ini dan berharap dapat terealisasi pada 2020 mendatang. 

“Kedepannya, ecobee park ini sangat berguna sebagai sarana edukasi lebah madu baik yang bersengat maupun tidak bersengat bagi mahasiswa, pelajar dan petani, selain itu bisa dimanfaatkan sebagai sarana wisata bagi masyarakat Riau yang sangat haus objek wisata,” ucap Novan. 

Melalui kerjasama ini diharapkan tersedia sarana, prasarana, dan lingkungan yang mendukung bagi perkembangan lebah A. cerana, A. mellifera, dan Trigona itama di arboretum BP2TSTH Kuok. 

Baca juga: BRG Kunjungi Demplot Budidaya Lebah Madu Kuok

Arboretum merupakan tempat tumbuh berbagai pohon yang telah ditanam dan dikembangbiakkan dengan tujuan untuk kegiatan penelitian maupun pendidikan. Selain itu, arboretum memiliki kegunaan sebagai tempat untuk mengoleksi berbagai jenis pohon. Arboretum sangat layak untuk dijadikan obyek wisata edukatif karena selain memiliki nilai estetika dan keindahan, di dalamnya terdapat beraneka ragam jenis flora maupun fauna untuk dijadikan obyek penelitian. Di perkotaan, arboretum dapat dijadikan sebagai solusi pemenuhan ruang terbuka hijau, konservasi keanekaragaman hayati. *(SJ/ASY)

Penulis : SJ/ASY