Dientry oleh Risda Hutagalung - 13 December, 2019 - 690 klik
Setelah Negara Fiji dan Timor Leste, Praktisi Korea Selatan Belajar Pemuliaan Pohon di Babes Litbang BPTH

Babes Litbang BPTH (Yogyakarta, Desember 2019) _“Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan (Babes Litbang BPTH) Yogyakarta selalu terbuka untuk membagikan iptek dan meningkatkan kapasitas masyarakat, aparat pemerintah serta pelaku usaha, termasuk untuk negara-negara sahabat,” ujar Kababes Litbang BPTH, Dr. Nur Sumedi, S.Pi., MP, saat menutup Pelatihan Pemuliaan Tanaman Hutan dan Pembangunan Sumber Benih Unggul yang diikuti PT. Korea Indonesia Forestry Cooperative (KIFC), Jumat (6/12/2019). Seperti diketahui, tidak lama sebelumnya, di sini, delegasi Negara Fiji dan Negara Timor Leste juga magang terkait pemuliaan tanaman hutan.

Pelatihan yang diikuti anak perusahaan National Forestry Cooperative Federation Korea (NFCF) tersebut berlangsung selama dua hari pada 5-6 Desember 2019. KIFC merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang pembangunan hutan dengan wilayah hutan industri meliputi wilayah Hutan Jawa Barat, Banten dan Kalimantan Selatan dengan kurang lebih luas hutan yang dikelola sebesar 22.000 Ha. Untuk proses kerja sama, sampai saat ini KIFC sudah bekerja sama dengan PT. Inhutani II dan Perum Perhutani.

Nur Sumedi berharap agar pengalaman pendampingan mengelola Hutan Tanaman Industri (HTI) dari Babes Litbang BPTH bisa menginspirasi praktisi untuk peluang HTI di Korsel. 3 Orang peserta pelatihan ini, yaitu: Namgung Seon (Direksi PT. KIFC), Anang Kumarudin (Tech. Spv. PT. KIFC) dan Ardi Refiyadi Saman (Wa. Kadept. Plantation PT. KIFC) dilatih Peneliti Utama Babes Litbang BPTH, Prof. (Riset) Dr. Ir. Budi Leksono, MP.

Materi yang dibagikan Prof. Budi yaitu: Prinsip-prinsip Pemuliaan Tanaman Hutan; Pembangunan Sumber Benih Unggul; dan Hasil-Hasil Pemuliaan Tanaman Hutan: Studi kasus Pemuliaan Eucalyptus pellita (dari buku: A Breeding Strategy for the Tropical Eucalyptus: Findings and lessons acquired the multi-geberation tree breeding of Eucalyptus pellita in Indonesia).

Kepada Direksi PT. KIFC, Prof. Budi mengatakan, terkait penelitian pemuliaan tanaman hutan, khususnya untuk spesies tanaman tropis telah banyak dihasilkan oleh Babes Litbang BPTH Yogyakarta, selama kurang lebih 1/4 abad ini.

“Oleh karena itu sudah saatnya hasil-hasil penelitian tersebut menjadi rujukan para stakeholder untuk diaplikasikan pada skala operasional, baik untuk masyarakat Indonesia maupun negara lain yg memerlukan teknologi di bidang tanaman hutan pada umumnya dan pemuliaan serta bioteknologi tanaman hutan pada khususnya,” terang Prof. Budi.

Prof. Budi juga menambahkan bahwa untuk hal tersebut Babes Litbang BPTH Yogyakarta sejak awal berdirinya (1994) sudah terbuka untuk bekerja sama dan melakukan pendampingan dalam membangun hutan tanaman serta pembangunan sumber benih unggul.

Pada pelatihan itu peserta mendapat gambaran (big picture) proses-proses kegiatan pemuliaan. “Pelatihan ini menarik, karena selama ini belum betul-betul mengenal kegiatan pemuliaan tanaman. Selain menarik, kegiatan ini juga sangat menyenangkan, melihat kebun benih di Wonogiri sekaligus penjelasan, jadi mudah menangkap maksud dari apa yang dijelaskan,” ujar Ardi Refiyadi Saman, salah seorang peserta pelatihan,.

Anang Kumarudin, peserta lainnya berpendapat bahwa pelatihan ini sangat bagus. “Informasi maupun materi yang disampaikan runtut. Aplikasi penerapan dan teori menjadi gambaran yang penting sebagai panduan kita yang ada di dunia kerja atau praktisi,” ujarnya.

Namgung Seon, direksi yang turut pada pelatihan itu mengungkapkan mendapat pengalaman yang sangat bagus, karena bisa melihat klon ekaliptus dan akasia di lapangan. Ia pun berharap dapat kembali belajar di Babes Litbang BPTH. “Harapan saya ke depan, dapat melihat laboratorium kultur jaringan dan belajar tentang kultur jaringan,” pungkasnya.

Secara umum para peserta mengharapkan hasil yang telah diperoleh selama pelatihan dapat diterapkan di area/site PT. KIFC yang bekerja sama dengan PT. Inhutani II dan Perhutani, dengan pendampingan dari Babes Litbang BPTH agar dapat berjalan lancar. Pada waktu yang akan datang dapat belajar kembali tekait program yang digunakan terkait pembangunan sumber benih.***(MNA)

Balai Besar Litbang Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan :

Jl. Palagan Tentara Pelajar KM15 Purwobinangun Pakem Sleman DI Yogyakarta (Indonesia)

Email                : breeding@biotifor.or.id

Website            : www.biotifor.or.id

Instagram          : www.instagram.com/biotifor_jogja

Facebook         : www.facebook.com/Balai-Besar-Litbang-BPTH-187407891327294

E-Journal             : http://ejournal.forda-mof.org/ejournal-litbang/index.php/JPTH/index

Penulis : M. Nurdin Asfandi