Dientry oleh Risda Hutagalung - 19 December, 2019 - 731 klik
Jadi Narasumber DroneMapping, Balitek DAS Dampingi Kemandirian Rencana Tata Ruang Desa Mlandi

Balitek DAS (Wonosobo, Desember 2019) _Membantu meningkatkan kemandirian Desa Mlandi, Kecamatan Garung, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, Balai Litbang Teknologi Daerah Aliran Sungai (Balitek DAS) melakukan pendampingan dan pelatihan pembuatan peta spasial Desa Mlandi. Menggunakan drone untuk menghasilkan petadetil tingkat desa, kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari, 16-17 Desember 2019 di Kantor Desa Mlandi.

"Kami berterima kasih kepada Balitek DAS yang telah mengabulkan permohonan kami untuk mengirimkan narasumber. Kami berharap pelatihan ini dapat membekali generasi muda yang kompeten dalam bidang pemetaan untuk mendukung penyusunan rencana tata ruang desa dan monitoring-evaluasi pembangunan Desa Mlandi secara mandiri," kata Istangin, Kepala Urusan Umum dan Perencanaan Desa Mlandi.

Istangin menjelaskan bahwa desa merupakan satuan pemerintah terkecil yang diberi mandat untuk menjalankan fungsi administrasi sebagai kepanjangan tangan dari pemerintah untuk mencapai tujuan pembangunan nasional. Dalam menjalankan fungsinya, desa dituntut untuk menyusun perencanaan pembangunan yang bertumpu pada masalah, kebutuhan, aspirasi, dan sumber daya masyarakat setempat.

"Perencanaan desa menjadi wujud nyata peran serta masyarakat dalam membangun masa depan. Salah satu upaya yang ditempuh yaitu melalui penyusunan tata ruang desa," kata Istangin.

Acara pelatihan tersebut diikuti oleh 15 orang yang terdiri dari perangkat desa, Sekolah Lapang Desa Mlandi dan Lembaga Pengembangan Teknologi Perdesaan (LPTP). Balitek DAS mengirimkan 3 (tiga) narasumber yaitu Nunung Puji Nugroho, Ph.D., Eko Priyanto, M.GIS., dan Bambang Dwi Atmoko, SP.

Materi yang diberikan adalah pemetaan dasar berbasis Google Earth dan pemetaan berbasis Drone, yang meliputi: Pengenalan dan instalasi software pemetaan (Google EarthPro, Q-GIS dan AgisoftMetashape); Petunjuk operasional software pemetaan; Praktik pengunduhan citra satelit melalui google earth pro; Praktik pengambilan gambar dengan menggunakan Drone; dan Praktik pengolahan data citra dari google earth dan Drone, serta Praktik pembuatan peta tematik.

Di akhir pelatihan, para peserta memberikan apresiasi kepada Balitek DAS. Para peserta mengaku sangat senang dengan kegiatan semacam ini, dan materi yang disampaikan cukup bagus dan mudah dimengerti meskipun cukup padat dan singkat.***DA

 

Informasi Lebih Lanjut:

Balai Litbang Teknologi Pengelolaan DAS (Balitek DAS)

Website : http://dassolo.litbang.menlhk.go.id

Jl. Jend. A. Yani Pabelan Kotak Pos 295, Surakarta 57012, Telp.  0271 - 716709, Fax.   0271 – 716959

Penulis : Tim website