Dientry oleh Risda Hutagalung - 20 December, 2019 - 859 klik
Balitek DAS Ditawari Pusfatja Kerja Sama Terkait PLATYPUS

Balitek DAS (Solo, Desember 2019) _Terkait PLATYPUS atau Platformnya Penginderaan Jauh untuk Semua yang dimilikinya, Pusat Pemanfaatan Penginderaan Jauh (Pusfatja) LAPAN menawarkan kerja sama kepada Balai Litbang Teknologi Daerah Aliran Sungai (Balitek DAS) Solo. Dr. M.Rokhis Khomarudin, M.Si., Kepala Pusfatja dalam kunjungannya ke Balitek DAS, Jumat (20/12/2019) menyampaikan bahwa kedepannya, platform ini akan terhubung langsung dengan Kementerian/Lembaga terkait. Salah satu manfaatnya dapat melihat kawasan konservasi, pencegahan pencemaran, kebencanaan dan pemanfaatan Sumber Daya Alam (SDA).

"Kami masih membuka kesempatan untuk kerja sama dalam bidang penginderaan jauh untuk  kawasan konservasi, pencegahan pencemaran, kebencanaan dan pemanfaatan sumber daya alam dengan Kementerian/Lembaga lain dengan sharing atau kolaborasi anggaran," kata Dr. M.Rokhis Khomarudin, M.Si., Kepala Pusfatja LAPAN yang diterima langsung oleh Ir. Gunawan Hadi Rahmanto, M.Si., Kepala Balitek DAS Solo.

Adapun kunjungan kerja tersebut bermaksud untuk membahas dan mengevaluasi progress kegiatan kemitraan antara Pusfatja dengan Balitek DAS dalam kegiatan INSINAS 2019 yang berjudul "Pemanfaatan Data Penginderaan Jauh untuk Mitigasi Bencana". Kesempatan tersebut juga dimanfaatkan oleh Kapusfatja untuk sharing pengalaman dalam pengelolaan data penginderaan jauh serta peluang kerja sama riset lainnya antar kedua lembaga.

"Saat ini kolaborasi terutama terkait DAS bisa dibangun bersama dengan Balitek DAS. Sebelum itu, kita bisa berdiskusi dulu terkait DAS," kata Rokhis.

Menutup acara, Rokhis menginformasikan bahwa akhir Januari, LAPAN akan mengadakan rakornas. Dalam acara tersebut akan ada side event untuk membangun riset nasional. Pada kesempatan tersebut akan mengundang instansi terkait. Salah satu yang akan dibahas adalah terkait PLATYPUS.***

Informasi Lebih Lanjut:

Balai Litbang Teknologi Pengelolaan DAS (Balitek DAS)

Website : http://dassolo.litbang.menlhk.go.id

Jl. Jend. A. Yani Pabelan Kotak Pos 295, Surakarta 57012, Telp.  0271 - 716709, Fax.   0271 – 716959

 

Penulis : Tim website