Dientry oleh budi - 02 February, 2011 - 2407 klik
Workshop Perubahan Iklim Puslitbang Perubahan Iklim dan Kebijakan Kehutanan

Workshop ini bertujuan untuk menyebarluaskan hasil-hasil penelitian Badan Litbang Kementerian Kehutanan tentang perubahan iklim kepada masyarakat. Beberapa hasil penelitian yang akan disampaikan pada workshop ini adalah ”Melihat Demonstrasi Activities REDD+ di Taman Nasional Meru Betiri” oleh Krisfianti L. Ginoga, LATIN, dan TN Meru Betiri; ”REDD+ dan Forest Governance” oleh Hariyanto Dwi Prabowo, Fitri Nurfatriani, Niken Sakuntaladewi, Sulistya Ekawati; ”Pedoman Perhitungan dan Informasi Cadangan Karbon Hutan oleh Ari Wobowo, I Wayan Susie D., Chairil Anwar Siregar, Haruni; dan ”Peran Hutan Kota dalam Penurunan Emisi GRK” oleh Ismayadi Syamsudin, Ari Wibowo.

Hasil-hasil penelitian ini merupakan kerjasama Badan Litbang Kementerian Kehutanan dengan lembaga-lembaga mitra ACIAR, Forest Carbon Partnership Facility (FCPF), dan ITTO terutama pada riset penghitungan karbon, mekanisme REDD, dan pembangunan Demonstration Activities.

Dari komitmen nasional penurunan emisi sebesar 26% pada tahun 2020, kontribusi sektor kehutanan terhadap pengurangan emisi karbon dioksida dari kawasan hutan sebesar 14%. Keberhasilan target nasional 26% tersebut juga tergantung pada pelaksanaan program lain terutama terkait kebijakan pemberdayaan masyarakat, tata kelola pemerintahan yang baik, tata ruang (terutama pengelolaan kawasan DAS), dan industri serta perdagangan hasil hutan. Oleh karena itu, penelitian Kementerian Kehutanan ini terutama dikaitkan dengan program-program tersebut, seperti manajemen lanskap DAS, ekonomi dan kebijakan REDD, pengembangan emisi GRK kehutanan, penguatan tata kelola kehutanan, dan penguatan tata industri dan perdagangan hasil hutan.

Sumber: SIARAN PERS Nomor: S.46/PHM-1/2011

Bahan Materi Workshop:
1. Tata kepemerintahan kehutanan dalam implementasi REDD
2. Comprehensive MRV system for REDD+
3. Pedoman perhitungan cadangan karbon dan emisi serta informasi cadangan karbon hutan
4. Melihat demonstration activity di taman nasional meru betiri : ITTO PD 519/08 rev.1 (f)
5. Potensi dan kontribusi pohon di perkotaan dalam menyerap gas rumah kaca
studi kasus: taman kota monumen nasional, jakarta