Dientry oleh Risda Hutagalung - 10 January, 2020 - 1161 klik
Buku “Wisata Ilmiah KHDTK Aek Nauli”, Panduan Wisata Ilmiah dengan Konsep Edutainment

BP2LHK Aek Nauli (Aek Nauli, Januari 2020) _Balai Litbang Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Aek Nauli dengan bangga mempersembahkan buku “Wisata Ilmiah KHDTK Aek Nauli: Jelajah Keindahan Alam dan Keunikan Kawasan Hutan Aek Nauli”. Buku yang ditulis Pratiara Lamin dan Donna Christy Pandiangan ini memberikan gambaran secara umum tentang wisata di KHDTK Aek Nauli yang merupakan pintu gerbang kawasan wisata utama Danau Toba. 

Dalam sambutannya, Pratiara selaku Kepala BP2LHK Aek Nauli menyampaikan bahwa Hutan Aek Nauli yang dikenal dengan hutan pinusnya memiliki keunikan dan keindahan dari sisi kawasan, flora dan faunanya. Menyandang konsep edutainment, Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus (KHDTK) Aek Nauli kini bukan hanya sekedar hutan penelitian. Dengan konsep edutainment, KHDTK Aek Nauli mengedepankan unsur edukasi yang dibalut dengan sajian atraksi wisata ilmiah sebagai proses edukasi yang menyenangkan. 

“Ini merupakan salah satu strategi diseminasi hasil Badan Litbang dan Inovasi (BLI) KLHK yang dilakukan untuk lebih menarik minat masyarakat dalam mempelajari dan memanfaatkan hasil-hasil litbang dan inovasi di bidang lingkungan hidup dan kehutanan,” kata Pratiara. 

Donna, penulis lainnya menyampaikan bahwa buku ini menyajikan gambar-gambar menarik tentang keindahan dan keunikan hutan Aek Nauli. Suatu sajian wisata yang memberikan kekhususan tersendiri bagi wisatawan yang menginginkan hal yang berbeda dari biasanya yang dapat diperoleh dari Danau Toba. 

“Buku ini kami tulis berdasarkan keinginan untuk merangkum dan mengenalkan gambaran umum potensi wisata Aek Nauli, sehingga nantinya mempermudah wisatawan yang akan berkunjung,” tutur Donna. 

“Semoga buku ini dapat dijadikan sebagai sarana informasi, referensi dan panduan bagi para pelajar, akademisi, praktisi, masyarakat secara umum yang ingin melakukan kegiatan wisata ilmiah di kawasan hutan Aek Nauli,” tambahnya. 

Sebagai informasi, buku 108 halaman ini terbit di akhir Desember 2019. Sebagian besar buku ini menampilkan foto atau gambar tentang keindahan dan potensi yang ada di KHDTK Aek Nauli, diantaranya Aeknauli Beecosystem, Jungle Tracking, Monkey Forest, Aek Nauli Elephant Conservation Camp (ANECC), ANDEER Park, Camping Ground, Arboretum/Forest Area, Pine Master-Pine Forest.***MB

Penulis : Tim website