Dientry oleh Risda Hutagalung - 28 January, 2020 - 522 klik
Majalah Swara Samboja: Primata Unik Penghuni Hutan Pattunuang-Karaenta

Balitek KSDA (Samboja, Januari 2020) _Apakah sahabat konservasi mengenal Tarsius (Tarsius fuscus) dan Monyet Hitam Dare (Macaca maura)? Kedua satwa unik ini dapat dijumpai di Hutan Karaenta Taman Nasional Bantimurung. Namun saat ini, keberadaannya terancam punah karena hidup di habitat yang terfragmentasi dan konflik dengan manusia. Mira Kumala Ningsih dan Suryanto akan membahas secara lengkap kedua satwa ini dalam tulisan “Primata Unik Penghuni Hutan Pattunuang-Karaenta Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung” di Majalah Swara Samboja edisi Vol VIII/No. 1/Th 2019.

Selanjutnya, Mira Kumala Ningsih dan Ardiyanto Wahyu Nugroho akan membagikan keseruannya saat mendaki sekaligus mengkaji implementasi prinsip-prinsip ekowisata Gunung Bulusaraung dalam tulisan berjudul “Ekowisata Gunung Bulusaraung: Pengalaman Berkunjung dan Konsep Pengembangan Ekowisatanya”.

Dalam rubrik artikel, Adi Susilo akan membahas keberadaan dan perubahan perilaku monyet ekor panjang (Macaca fascicularis) di Suaka Margasatwa Muara Angke (SMMA) dan Hutan Lindung Angke Kapuk (HLAK) dalam tulisan berjudul “Monyet Ekor Panjang Penghuni Mangrove Muara Angke: Pengemis dan Pemulung Bermasa Depan Suram”.

Selanjutnya, Ulfah Karmila Sari akan membahas pemanfaatan ruang wilayah dalam tulisannya yang berjudul “Berbagai Bentuk Pemanfaatan Area Lahan Pascatambang”. Dalam artikel ini, Ulfa akan memaparkan berbagai bentuk pemanfaatan dan beberapa hal penting yang perlu diperhatikan dalam memanfaatkan lahan pascatambang.

Bina Swasta Sitepu dan Mukhlisi selanjutnya akan mengupas konsep penentuan jenis dilindungi di Indonesia dalam tulisan mereka berjudul “Tinjauan Kriteria Jenis Tumbuhan dan Satwa Dilindungi di Indonesia”. Beberapa telaahan terkait penentuan jenis serta sumbang saran terkait proses penentuan dan langkah strategis pengembangan konsep dituangkan secara ringkas dalam tulisan ini.

Pada edisi ini, Swara Samboja mengetengahkan sosok inspiratif dari BLI KLHK, yaitu Dr. Dwi Sudharto yang saat itu menjabat sebagai Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Hasil Hutan (P3HH). Beliau berbagi pengalaman dan prestasi membanggakan yang berhasil diraih P3HH di bidang pembangunan sektor kehutanan seperti SVLK, AIKO, dan Xylarium Bogoriense. Salam Konservasi!*

Download Majalah

Penulis : Tim website