Dientry oleh Risda Hutagalung - 29 January, 2020 - 501 klik
Prospek Kerja Sama Litbang di Timur Indonesia

BP2LHK Manokwari (Manokwari, Januari 2020) _Baru-baru ini, Selasa (12/1/2020) Balai Penelitian dan Pengembangan LHK Manokwari (BP2LHK), menerima kunjungan tim dari GIZ-Jerman (Deutsche Gesellschaft fur Internationale Zusamenarbeit). Kunjungan yang merupakan bagian dari kerja sama bilateral antara pemerintah Indonesia dengan Jerman ini dilakukan untuk mengetahui kondisi di lapangan, terkait rencana kegiatan GIZ di bagian Timur Indonesia. 

Pada kesempatan tersebut, Kepala BP2LHK Manokwari Yoyok Sigit Haryotomo, memaparkan kegiatan penelitian dan kerja sama yang telah dilakukan oleh para peneliti dan teknisi BP2LHK Manokwari dengan berbagai pihak, baik pemerintah daerah, NGO, maupun institusi internasional hingga tahun 2019. 

“Ada beberapa topik Research and Development (R&D) yang bisa dilakukan antara GIZ dengan BP2LHK Manokwari, seperti Masoi, Sagu, Blue Carbon, Anggrek dan Kasuari,” ujar Yoyok. 

Acara dilanjutkan dengan kunjungan sejumlah fasilitas riset BP2LHK Manokwari, seperti Arboretum Inamberi, plot penanaman Masoi, persemaian, Zoologicum Herpetofauna Papua (ZHP), Penangkaran Satwa (kura kura leher panjang dan kasuari) serta Kebun Anggrek. 

Perwakilan dari GIZ, Martin Neumann (GIZ HQ), menyampaikan bahwa pihaknya sangat terkesan dengan apa yang telah dilakukan oleh BP2LHK Manokwari bersama dengan para peneliti dan teknisi. 

“Saya sarankan agar apa yang ada, bisa terpublikasikan, sehingga informasi yang dimiliki BP2LHK Manokwari bisa diakses banyak pihak,” ujar Martin. 

Sebagai informasi, GIZ adalah lembaga BUMN milik pemerintah Jerman, yang merupakan lembaga pelaksana untuk memberikan bantuan teknis di Indonesia.***

Penulis : Tim website