Dientry oleh Risda Hutagalung - 30 January, 2020 - 592 klik
Antusiasme Pengunjung Edupark BP2LHK Banjarbaru Terus Meningkat

BP2LHK Banjarbaru (Banjarbaru, Januari 2020) _Sejak peluncuran Edupark Rusa Sambar dan Konservasi Anggrek Oktober 2019 lalu, kawasan Edupark Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Banjarbaru semakin hari semakin ramai oleh pengunjung baik dari sekolah-sekolah maupun masyarakat umum dan instansi.

“Jumlah pengunjung yang meningkat pesat selama 3 bulan terakhir menunjukkan tingginya antusiasme masyarakat,” ujar Lilis Kurniati, Kepala Sub Bagian Data dan Informasi BP2LHK Banjarbaru. Tercatat, sejak bulan Oktober 2019 pengunjung edupark mencapai lebih dari 3.000 orang,  55% diantaranya berasal dari sekolah - sekolah tingkat PAUD hingga Perguruan Tinggi. Sisanya adalah pengunjung umum baik dari masyarakat setempat maupun instansi.

Kunjungan dari sekolah dilaksanakan setiap hari Rabu dan diberi materi pendampingan sesuai dengan tingkat pendidikan siswa. Sedangkan kunjungan dari masyarakat umum banyak dilakukan pada hari Sabtu dan Minggu.

Edupark BP2LHK Banjarbaru termasuk dalam kawasan perkantoran BP2LHK Banjarbaru yang berlokasi di Jl. A. Yani km. 28,7 Landasan Ulin, Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Di areal ini, tersedia beberapa sarana edukasi yang bertujuan untuk mengenalkan hutan, satwa, membuat tanaman dan manfaat-manfaat lainnya. Sarana-sarana yang tersedia antara lain : arboretum, Edupark rusa sambar, edupark kelulut, konservasi anggrek, plot tanaman asli lokal Kalimantan, persemaian dan pengenalan alat-alat dan upaya pemadaman kebakaran hutan dan lahan. 

Minat masyarakat yang sangat tinggi terhadap edupark BP2LHK Banjarbaru menunjukkan bahwa masyarakat sangat tertarik dengan wisata edukasi. Edupark BP2LHK Banjarbaru merupakan salah satu bentuk wisata edukasi atau wisata pendidikan yaitu suatu program yang menggabungkan unsur kegiatan wisata dengan muatan pendidikan didalamnya. 

Sebagaimana diketahui, selain melihat berbagai objek menarik, pengunjung juga diajarkan tentang banyak hal terkait objek tersebut. Beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa program wisata edukasi sendiri telah terbukti efektif untuk meningkatkan pola pembelajaran dan sosialisasi para siswa. 

Terkait itu, menciptakan wisata pendidikan yang lebih berbobot menjadi “PR” besar bagi pengelola Edupark BP2LHK Banjarbaru. Kebutuhan sekolah dalam membina dan mendidik para siswa secara langsung di alam, kebutuhan masyarakat akan sarana hiburan yang mendidik dan kebutuhan BP2LHK Banjarbaru untuk mendiseminasikan ilmu pengetahuan serta hasil-hasil penelitian menjadi motivasi besar dalam pengembangan edupark BP2LHK Banjarbaru. 

Jadi, buat teman-teman yang bingung mau kemana hari Sabtu dan Minggu, ayo datang ke Edupark BP2LHK Banjarbaru. Ayo kita berwisata sambil belajar.***(JND)

Penulis : Tim website