Dientry oleh Risda Hutagalung - 31 January, 2020 - 822 klik
Mobil Laboratorium di Kaltim Siap Dukung Momentum Pemindahan IKN

Balitek KSDA (Samboja, Januari 2020) _Mobil Laboratorium di Kaltim siap mendukung momentum pra pemindahan Ibu Kota Negara (IKN). Hal ini terlihat dari sinergi yang dilakukan para pihak terkait operasional mobil lab tersebut yang dibahas dalam rapat tindak lanjut mobil lab, Senin (27/1/2020) di Ruang Rapat Balai Litbang Teknologi Konservasi Sumber Daya Alam (Balitek KSDA).

“Adanya satu Mobil Laboratorium di Kaltim saat ini sangat tepat dengan momentum rencana pemindahan Ibu Kota Negara. Tahun ini, mobil lab ini akan sangat bermanfaat untuk menghimpun data-data awal kondisi kualitas lingkungan hidup pra pemindahan Ibu Kota Negara,” kata Kepala Balitek KSDA, Ishak Yassir dalam pengantarnya di hadapan Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kab. Kutai Kartanegara, analis laboratorium Puslitbang Kualitas dan Laboratorium Lingkungan (P3KLL), dan peneliti Balitek KSDA yang hadir.

Pemimpin rapat, Kepala P3KLL, Herman Hermawan dalam arahannya menyampaikan bahwa Mobil Laboratorium ini merupakan salah satu upaya pemerintah dalam merespon permasalahan maupun pelanggaran terhadap lingkungan hidup di lapangan.

“Pemerintah saat ini dituntut untuk bekerja secara cepat. Seperti halnya Mobil Laboratorium ini, adalah salah satu upaya untuk merespon secara cepat pengaduan dari masyarakat. Selain berdasarkan pengaduan, Mobil Laboratorium bekerja untuk melakukan kegiatan pemantauan kualitas lingkungan hidup di daerah,” kata Kepala P3KLL.

“Hasil kerja lingkungan hidup tidak dapat dilihat secara instan. Berhasil tidaknya kinerja saat ini baru dapat dirasakan beberapa tahun mendatang. Itulah tugas kita semua untuk menjaga kondisi lingkungan hidup tetap baik,” tambahnya.

Pengendali Dampak Lingkungan P3KKLL yang mendampingi Kapala P3KLL, Nastiti Sih Lestari menyampaikan bahwa kedatangan mereka ke Balitek KSDA ini dalam rangka menindaklanjuti mekanisme kerja sama serta administrasi serah terima BMN ini supaya tertib dan jelas bagaimana operasionalnya ke depan.

“Nanti kami akan mengecek dan memasang barcode BMN, sekaligus melakukan pengenalan alat kepada staf laboratorium Balitek KSDA maupun Laboratorium DLHK Kukar,” kata Nastiti.

Seusai rapat, para peserta melakukan peninjauan Mobil Laboratorium dan peralatan yang ada di dalamnya, dilanjutkan dengan in house training tahap II yang dipandu oleh Staf Subbidang Pembinaan Laboratorium P3KLL, Jauhari.

Sebagaimana diketahui, Mobil Laboratorium P3KLL merupakan kendaraan yang di dalamnya dilengkapi beberapa sarana laboratorium praktis dan canggih sehingga pengujian kualitas lingkungan dapat dilakukan di lokasi kejadian dalam rangka mendukung early warning system bencana lingkungan.

Peluncurannya telah resmi dilakukan pada Senin (23/12/2019) lalu oleh Kepala Badan Litbang dan Inovasi (BLI), Ir. Agus Justianto, M.Sc mewakili Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) di Manggala Wanabakti, Jakarta. Provinsi Kalimantan Timur diwakili Balitek KSDA menjadi salah satu penerima mobil tersebut bersama dengan empat provinsi lain, yaitu Riau, Sumatera Selatan, Banten, dan Jawa Timur.***

Penulis : Tim website