Dientry oleh budi - 23 May, 2011 - 2561 klik
Ekspose Hasil Litbang BPK Aek Nauli

“Peran Penelitian dan Pengembangan Kehutanan dalam Mendukung Kelestarian Hutan untuk Kesejahteraan Masyarakat”

Sebagai bentuk peran serta dalam mensukseskan tahun 2011 sebagai Tahun Internasional Kehutanan dengan tema ”Forest for People” yang dicanangkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Balai Penelitian Kehutanan (BPK) Aek Nauli di bawah koordinasi Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Utara menyelenggarakan Ekspose Hasil-Hasil Penelitian. Ekspose ini mengusung tema “Peran Penelitian dan Pengembangan Kehutanan Dalam Mendukung Kelestarian Hutan Untuk Kesejahteraan Masyarakat” pada tanggal 27 April 2011 bertempat di Hotel Garuda Plaza, Medan.

Ekspose ini dihadiri oleh sebanyak ± 150 (seratus lima puluh) peserta yang terdiri dari Badan Litbang Kehutanan, UPT Kementerian Kehutanan di Provinsi Sumatera Utara, Dinas Kehutanan Provinsi dan Dinas Kabupaten yang menangani kehutanan di Sumatera Utara, Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta, LSM Kehutanan/Lingkungan dan Perwakilan Masyarakat, dan sebagainya.

Terdapat 10 makalah yang diseminarkan dalam ekspose ini baik kebijakan kehutananan secara umum maupun hasil-hasil penelitian, yakni:

1. Kebijakan Kementerian Kehutanan dalam mewujudkan hutan yang lestari untuk kesejahteraan masyarakat (Balai Besar KSDA Sumatera Utara)
2. Strategi Pembangunan Kehutanan Provinsi Sumatera Utara untuk kesejahteraan masyarakat (Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Utara)
3. Inisiasi Konservasi Siamang Sumatera di Cagar Alam Dolok Sipirok, Sumatera Utara (Peneliti BPK Aek Nauli)
4. Strategi Pengembangan Sumber Daya Lahan Untuk Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Daerah Penyangga Taman Nasional Batang Gadis (Peneliti BPK Aek     Nauli)
5. Kajian Karakteristik Pertumbuhan Jati (Tectona grandis Linn.f) pada Sistem Agroforestry Tanaman Sawit dan Coklat (Dosen Fakultas Pertanian, Jurusan                   Kehutanan, USU)
6. Potensi Karbon Hutan Rakyat Kemenyan di Kabupaten Tapanuli Utara (Peneliti BPK Aek Nauli)
7. Pengelolaan Hutan Rakyat Desa Puangaja Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang dan Peranannya Terhadap Perekonomian Masyarakat (Dosen Fakultas     Pertanian, Jurusan Kehutanan, USU)
8. Rehabilitasi Lahan Kritis Alang-Alang dengan Pohon Multi-Purpose Trees (Peneliti BPK Aek Nauli)
9. Kemenyan, Potensi Pemanfaatan, Budidaya dan Permasalahan (Peneliti BPK Aek Nauli)
10. Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK) Unggulan di Kabupaten Mandailing Natal (Peneliti BPK Aek Nauli).

Rumusan Seminar

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi BPK Aek Nauli di e-mail: bpk-aeknauli@gmail.com