Dientry oleh budi - 16 June, 2011 - 2248 klik
Menulis Hutan Membaca Masa Depan

Dalam rangka meningkatkan pengetahuan para jurnalis dari media massa dan eselon I Kemenhut mengenai perkembangan terkini di kementerian kehutanan, Pusat Hubungan Masyarakat-Kemenhut menyelenggarakan Orientasi Jurnalistik bertema "Menulis Hutan Membaca Masa Depan" pada tanggal 14 Juni 2011 di Jakarta.

Acara ini dibuka oleh MENHUT dan dihadiri oleh sekitar 40 orang terdiri dari wartawan, redaktur dan humas dari setiap eselon I Kemenhut. Badan Litbang Kehutanan turut berpartisipasi sebagai peserta.

Acara ini didahului dengan kuliah umum dengan materi mengenai perkembangan terkini di Kementerian Kehutanan serta materi Keterbukaan Informasi Publik (KIP) yang menjadi kewajiban badan publik sebagaimana diatur dalam UU 14/2008 tentang KIP, PP No 61/2010 tentang Pelaksanaan KIP dan Permenhut 7/2011 tentang Pelayanan Informasi Publik di Kemenhut.
1. Menhut (kuliah umum)
2. Dirjen Planologi (RTRWP dan penggunaan kawasan hutan)
3. Dirjen Bina Usaha Kehutanan (pengembangan industri berbasis hutan tanaman)
4. Dirjen Pengelolaan DAS dan Perhutanan Sosial (kebijakan RHL)
5. Kepala Pusat Hubungan Masyarakat (isu-isu strategis kehutanan)
6. Dewan Pers (UU pers dan keterbukaan informasi publik)

Materi lain yang juga disampaikan adalah mengenai:
1. Merencanakan dan melaksanakan kegiatan kehumasan
2. Penyusunan metodologi strategi kehumasan

Acara jurnalistik ini diakhir dengan kunjungan lapangan ke Persemaian Modern Kementerian Kehutanan yang bertempat di Cimanggis pada tanggal 15 Juni 2011. Dalam kunjungan ini juga dipaparkan mengenai Kebun Bibit Rakyat dan Persemaian Modern Cimanggis.

Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan wawasan dan pengetahuan para jurnalis mengenai kegiatan kehutanan sehingga dalam mempublikasikan informasi tentang kehutanan di media massa berdasarkan informasi terkini dan akurat.