Dientry oleh budi - 16 June, 2011 - 2480 klik
Semiloka: Riset Pengelolaan DAS Menuju Kebutuhan Terkini

Dalam rangka meningkatkan dan menyebarluaskan hasil-hasil litbang kehutanan khususnya di bidang pengelolaan DAS, Balai Penelitian Kehutanan Solo (BPK Solo) bekerja sama dengan Pusat Penelitian dan Pengembangan Konservasi dan Rehabilitasi menyelenggarakan Semiloka “Riset Pengelolaan DAS Menuju Kebutuhan Terkini” pada tanggal 27 - 28 Juni 2011 di Solo.

Kegiatan ini dimaksudkan untuk:
1. Memasyarakatkan hasil penelitian kehutanan di bidang pengelolaan DAS dari dua Program Pengelolaan DAS Badan Litbang Kehutanan:
    - Sistem Pengelolaan DAS: Hulu, Lintas Kabupaten, Lintas Propinsi (Koordinator: Ir. Paimin, M.Sc)
    - Pengelolaan Sumber Daya Lahan dan Air Pendukung Pengelolaan DAS (Koordinator: Prof. Dr. Pratiwi)

2. Memperoleh umpan balik dari pengguna teknologi sebagai basis penelitian pengelolaan DAS ke depan.

3. Memperoleh dasar penyusunan program kerja berkaitan dengan perubahan Balai Penelitian Kehutanan Solo (BPK Solo) menjadi Balai Penelitian Teknologi             Kehutanan Pengelolaan Daerah Aliran Sungai Solo (BTPDAS Solo).

Tujuan Semiloka adalah untuk menyampaikan hasil-hasil penelitian di bidang pengelolaan DAS dan memperoleh umpan balik dari pengguna sebagai dasar pengaturan rencana penelitian tahun 2011-2014 sehingga dapat menjawab kebutuhan pengguna dalam menghadapi tantangan pengelolaan DAS terkini.

Target Peserta adalah para pengambil kebijakan, akademisi, praktisi, masyarakat yang terkait dengan pengelolaan DAS lingkup kehutanan, pemerintah daerah, LSM, Perguruan Tinggi, BUMN, masyarakat dalam DAS, dan lembaga penelitian atau pihak terkait lainnya. Jumlah peserta sekitar 100 orang.

Semiloka dilaksanakan dalam bentuk Focus Group Discussion, dan diseminasi hasil riset pengelolaan DAS.
Agenda :
I. Senin, 27 Juni 2011: Arah Kebijakan Riset dan Aplikasi Pengelolaan DAS, Focus Group Discussion Pengelolaan DAS Menuju Kebutuhan Terkini
II. Selasa, 28 Juni 2011: Diseminasi Hasil Riset Pengelolaan DAS

Info detail