Dientry oleh admin - 07 November, 2011 - 3483 klik
IPTEK Kehutanan dalam Gelar Teknologi Tepat Guna XIII di Kendari

Sebagai upaya diseminasi hasil-hasil litbang, Badan Penelitian dan Pengembangan Kehutanan mengikuti Gelar Teknologi Tepat Guna Nasional XIII Tahun 2011 di Kendari – Sulawesi Tenggara. Acara yang bertemakan “Dengan tepat guna Indonesia bisa tingkatkan kreatifitas dan produktifitas dalam mengembangkan potensi lokal untuk membangun potensi bangsa yang kuat”  dibuka oleh Wakil Presiden RI. Tujuan Gelar Teknologi adalah menggali gagasan/pemikiran/program nasional, dan sebagai wahana tukar menukar informasi antara pemerintah, industri, dan masyarakat. Di samping itu, melalui acara ini dapat terjalin kerjasama penggunaan teknologi tepat guna.

Dalam acara ini, hasil litbang dari Puslitbang, dan UPT  lingkup Badan Litbang Kehutanan yang ditampilkan, antara lain teknologi-teknologi: inokulasi gaharu, tinta pemilu, penangkaran rusa, budi daya ulat sutera, bambu lamina, perekat arang kompos bioaktif, cuka kayu, perubahan iklim, biodiesel, penanggulangan karat puru, pengolahan buah aren, athus, madu, tanaman obat, dan sumber pangan.  Informasi yangh disediakan beruba flyier, leaflet, buku dan publikasi lainnya sangat diminati oleh pengunjung.

Hasil survey dari kelompok responden masyarakat umum, mahasiswa, scientist (dosen dan peneliti), pelaku dunia usaha serta institusi pemerintah menunjukan bahwa gelar teknologi ini sangat bermanfaat, relevan dengan tema yang ditetapkan, tampilan menarik, dan pemandu komunikatif.  Dalam gelar teknologi yang akan datang Badan Litbang Kehutanan diharapkan dapat menampilkan jenis-jenis kayu yang bermanfaat dan sebaranya, rekayasa peralatan,dan kemasan hasil litbang dalam bentuk audio visual/CD/VCD yang dapat dibagikan kepada pengunjung.

Apresiasi perlu diberikan kepada anak bangsa yang telah menampilkan karya nyata, dorongan perlu diberikan untuk meningkatkan jumlah dan kualitas IPTEK yang di hasilkan, demikian sambutan Wakil Presiden RI dalam acara pembukaan.