Dientry oleh budi - 10 November, 2011 - 3623 klik
Kunjungan Menteri Kehutanan Ke BPK Manado

Pada Tanggal 8 November 2011 Menteri Kehutanan Republik Indonesia, Zulkifli Hassan, SE., MM dalam rangka kunjungan kerja di Provinsi Sulawesi Utara didampingi  Kepala Badan Litbang Kehutanan, Dr. Ir. Tachrir Fathoni, MSc., Dirjen BPDASPS, Dr. Ir. Harry Santoso, Staf  Khusus Menteri Kehutanan Bidang Pemberdayaan Masyarakat, Ir. San Afri Awang, MSc., Kepala Pusat Litbang Konservasi dan Rehabilitasi, Ir. Adi Susmianto, MSc., Wakil Gubenur Sulawesi Utara, Dr. DJouhari Kansil, Mpd. Dan Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Sulawesi Utara, Ir. Herry Rotinsulu, MSi.  menyempatkan berkunjung Ke Balai Penelitian Kehutanan (BPK) Manado.

Pada kunjungannya,  Menhut beserta rombongan disambut oleh Pramuka Saka Wanabakti, Jajaran Pegawai BPK Manado serta Mahasiswa Porgram Studi Kehutanan Universitas Samratulangi. Menhut menyematkan Badge kepada 2 (dua) orang perwakilan Pramuka, lalu Menhut menuju persemaian milik BPK Manado yang di dalamnya terdapat beberapa jenis tanaman antara lain Eboni, Cempaka, Nantu, Jabon,  Kayu manis dan  Sengon.  Selanjutnya Menhut  melakukan penanaman pohon Jabon Merah (Anthocephalus macropyllus(Roxb.)Havil), sedangkan Kepala Badan Litbang Kehutanan menanam pohon Eboni (Diospyros ebenum), Pohon Eboni (Diospyros ebenum) juga ditanam oleh Dirjen BPDASPS dan pohon Eboni (Diospyros rumphii Bakh) ditanam oleh Wakil Gubenur Sulawesi Utara. Kemudian rombongan menuju lokasi penangkaran Anoa (Bubalus sp.). Pada kesempatan tersebut,  Menhut juga memberikan nama salah satu Anoa betina dengan nama “Denok” yang dalam Bahasa Jawa berarti “Perempuan cantik”.  Menteri Kehutanan juga mengunjungi Persemaian Permanen yang dibangun oleh BPDAS Tondano pada areal BPK Manado.

Terakhir sebelum meninggalkan Kantor BPK Manado, Menhut  memberikan arahan singkat tentang pentingnya Penelitian Kehutanan agar dapat memberikan kontribusi yang nyata (bisa dilihat dan dirasakan oleh masyarakat Sulut pada khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya).  Hasil Penelitian tersebut antara lain pemilihan pohon unggul, pengembangan tanaman langka, dan satwa langka.  Menteri juga mengharapkan agar pegawai BPK Manado dengan sarana pendukung yang ada terus bekerja dengan giat, penuh pengorbanan dan pengabdian untuk memperoleh hasil yang optimal sehingga dapat menjawab tantangan masa kini dan menunjukkan kepada publik bahwa BPK Manado telah melakukan sesuatu yang berguna.

Foto Kunjungan Menhut Ke Balai Penelitian Kehutanan Manado