Dientry oleh BP2LHK Aek Nauli - 18 December, 2020 - 1028 klik
BP2LHK Aek Nauli Luncurkan Buku “Pendekatan Baru Pengelolaan KHDTK Aek Nauli dengan Silvopastoral”

" Silvopastoral adalah konsep yang diusung BP2LHK Aek Nauli dalam rangka menyukseskan program perhutanan sosial, menjaga kawasan hutan dan peningkatan masyarakat. Konsep pengelolaan KHDTK dengan silvopastoral juga adalah yang pertama dan sebagai pionir dalam rangka pelibatan masyarakat dalam pengelolaannya "

[FORDA] _Balai Litbang Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Aek Nauli dengan bangga meluncurkan buku “Pendekatan Baru Pengelolaan KHDTK Aek Nauli dengan Silvopastoral”. Buku yang ditulis oleh Pratiara dan Johansen Silalahi ini merupakan sarana penyebaran informasi ilmiah tentang pengelolaan Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus (KHDTK) kepada para pemangku kepentingan secara khusus, dan untuk mengenalkan konsep silvopastoral di KHDTK kepada masyarakat secara umum.

Dalam sambutannya, Pratiara selaku Kepala BP2LHK Aek Nauli menyampaikan bahwa konsep pengelolaan KHDTK dengan silvopastoral adalah yang pertama dan sebagai pionir dalam rangka pelibatan masyarakat dalam pengelolaannya. Pengelolaan KHDTK Aek Nauli dengan melibatkan masyarakat adalah salah satu solusi mengatasi degradasi kerusakan kawasan hutan Aek Nauli.

Silvopastoral adalah konsep yang diusung BP2LHK Aek Nauli dalam rangka menyukseskan program perhutanan sosial, menjaga kawasan hutan dan peningkatan masyarakat," kata Pratiara. “Konsep pengelolaan KHDTK dengan silvopastoral juga adalah yang pertama dan sebagai pionir dalam rangka pelibatan masyarakat dalam pengelolaannya,” tambahnya.

Menyambung hal tersebut, sebagai penulis Johansen menyampaikan bahwa buku ini menyajikan gambaran tentang profil KHDTK Aek Nauli dan informasi ilmiah konsep silvopastoral yang diterapkan di sana, permasalahan-permasalahan yang ada selama ini, serta solusi dalam pengelolaannya.

“Buku ini kami tulis berdasarkan keinginan untuk memberikan salah satu solusi dalam mengatasi permasalahan di KHDTK yang terjadi selama ini, seperti perambahan, tumpang tindih lahan, pencurian kayu, dan lain-lain,” kata Johansen.

“Semoga buku ini dapat bermanfaat bagi stakeholder terutama yang memegang kawasan, sebagai salah satu rujukan dalam mengatasi degradasi hutan di Indonesia, meningkatkan ekonomi masyarakat, dan mendukung program perhutanan sosial yang diunggulkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan,” tambahnya.

Sebagai informasi, buku “Pendekatan Baru Pengelolaan KHDTK Aek Nauli dengan Silvopastoral” setebal 38 halaman ini diterbitkan oleh Bina Media Perintis dan didanai DIPA BP2LHK Aek Nauli Tahun Anggaran 2020. Buku yang terdiri dari enam bab ini berisi informasi tentang profil KHDTK dan Arboretum Aek Nauli, alasan pemilihan silvopastoral, penerapan silvopastoral di KHDTK Aek Nauli, serta tahapan dalam pembangunan silvopastoral.***MB

Unduh buku Pendekatan Baru Pengelolaan KHDTK Aek Nauli dengan Silvopastoral di https://www.forda-mof.org/content/publikasi/post/736

----------

Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Aek Nauli

Jln. Raya Parapat Km. 10,5 Desa Sibaganding, Kec. Girsang Sipanganbolon, Parapat, Kab. Simalungun, Prov. Sumatera Utara 21174

Email: bpk.aeknauli@gmail.com

Web: http://aeknauli.org

FB: Balitbang LHK Aek Nauli

IG: bp2lhk_aeknauli

Twitter: @bpk_aeknauli

Youtube: BP2LHK AekNauli

 

Penulis : BP2LHK Aek Nauli
Editor : Risda Hutagalung