Dientry oleh Puslitbang Kualitas dan Laboratorium Lingkungan - 18 December, 2020 - 644 klik
P3KLL Verifikasi Tiga Laboratorium Lingkungan Daerah Menuju Akreditasi 2021

" Tahun 2020 ini P3KLL telah melakukan verifikasi kinerja laboratorium terhadap tiga UPTD Laboratorium Lingkungan Daerah untuk persiapan menjadi peserta program Prioritas Nasional 2021 "

[FORDA] _Tim Puslitbang Kualitas Laboratorium Lingkungan (P3KLL) terus melakukan pendampingan dan pembinaan terhadap Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Laboratorium Lingkungan Daerah di Indonesia menuju akreditasi. Tahun 2020 ini P3KLL telah melakukan verifikasi kinerja laboratorium terhadap tiga UPTD Laboratorium Lingkungan Daerah untuk persiapan menjadi peserta program Prioritas Nasional 2021.

Tiga UPTD yang diverifikasi yaitu UPTD Laboratorium Lingkungan Kabupaten Kolaka Sulawesi Tenggara pada 17 - 20 Oktober 2020, UPTD Laboratorium Lingkungan Kabupaten Bantaeng Sulawesi Selatan pada 21 - 23 Oktober 2020, dan UPTD Laboratorium Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup dan Pengelolaan  Sampah (DLHPS) Brebes Jawa Tengah pada 16 - 18 November 2020.

Baca juga: Bina 24 Lab Lingkungan Daerah Menuju Akreditasi, P3KLL Capai Target 2015-2019

Dalam pelaksanaan verifikasi kinerja laboratorium tersebut, Kasubbid. Pembinaan Laboratorium Lingkungan P3KLL, Ariansyah, ST, MM menyatakan hasil yang diperoleh UPTD laboratorium lingkungan Kabupaten Kolaka cukup baik. Menurutnya, hasil tersebut diperoleh berkat keseriusan tim laboratorium serta dukungan penuh dari Bupati Kolaka, H. Ahmad Safei, SH. MH.

“UPTD Laboratorium Lingkungan Kabupaten Kolaka merupakan ujung tombak di Provinsi Sulawesi Tenggara dalam mengawal pengawasan dan pemantauan di bidang lingkungan hidup,” kata Ariansyah.

“Sebagaimana diketahui di Sulawesi Tenggara belum ada satupun laboratorium lingkungan yang terakreditasi dan teregistrasi, jadi momentum ini bisa menjadikan UPTD Laboratorium Lingkungan Kabupaten Kolaka menjadi satu-satunya laboratorium yang terakreditasi di Provinsi Sulawesi Tenggara,” tambahnya.

Pada 21 – 23 Oktober 2020, verifikasi kinerja laboratorium dilanjutkan ke UPTD Laboratorium Lingkungan Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan. Dari kegiatan tersebut diperoleh hasil yang sangat memuaskan.

“UPTD Laboratorium Lingkungan Kabupaten Bantaeng diharapkan ke depan akan menjadi ujung tombak dalam rangka mendukung pengawasan dan pemantauan di bidang lingkungan hidup, dikarenakan Kabupaten Bantaeng merupakan salah satu daerah industri besar di Provinsi Sulawesi Selatan,” pungkas Ariansyah.

Yang terbaru, pada 16 - 18 November 2020 Tim P3KLL kembali melakukan evaluasi kinerja laboratorium di UPTD DLHPS Brebes Jawa Tengah yang sudah beroperasi sejak 2019. Hasilnya UPTD DLHPS Brebes dinyatakan memenuhi syarat menjadi target pembinaan laboratorium program prioritas nasional tahun 2021.

Diketahui, UPTD DLHPS Brebes sampai saat ini memiliki kemampuan pengujian 20 parameter pengujian air limbah dan air permukaan, serta pengambilan contoh uji air limbah dan air permukaan.

Seusai kunjungan, Tim P3KLL berkunjung menemui Wakil Bupati Brebes, Narjo, S.H, M.H. Dukung UPTD Laboratorium Lingkungan Kabupaten Brebes menuju akreditasi dan teregristrasi, Wakil Bupati Brebes menyatakan akan melengkapi sarana dan prasarana yang diperlukan untuk itu.***(A/AF)

Penulis : Tim P3KLL
Editor : Risda Hutagalung