Dientry oleh BALITEK DAS Solo - 22 December, 2020 - 722 klik
Bersatu Selamatkan Mata Air di Blora

" Secara serentak, kegiatan penanaman tersebut dilaksanakan pada tiga lokasi di Kabupaten Blora, yaitu di Sendang Kuwung Desa Mendenrejo Kec. Kradenan, Sendang Jurang jero Desa Sidomulyo Kec. Banjarejo, dan Desa Bangohan Kecamatan Jiken. "

[FORDA] _Untuk menyelamatkan Kabupaten Blora, Jawa Tengah dari bencana kekeringan, Balitek DAS bersama Perum Perhutani CDK Kabupatan Blora, Polsek Banjarejo, Relawan Pamor Kuwat, Pemuda Pancasila, dan IKA SKMA Cabang Blora melakukan penanaman "Pohon Sahabat Air" di Embung Jurang Jero, Desa Sidomulyo, Kec. Banjarejo, Jumat (18/12/2020).

Secara serentak, kegiatan penanaman tersebut dilaksanakan pada tiga lokasi di Kabupaten Blora, yaitu di Sendang Kuwung Desa Mendenrejo Kec. Kradenan, Sendang Jurang jero Desa Sidomulyo Kec. Banjarejo, dan Desa Bangohan Kecamatan Jiken.

"Kegiatan ini bertujuan untuk merawat mata air yang masih hidup dan mengembalikan sumber air yang sudah mati, sehingga kabupaten blora ke depan tidak mengalami kekurangan air untuk masyarakat," kata Siswo, S.P., M.Sc.For., Teknisi Balitek DAS selaku perwakilan dari Balitek DAS.

Seperti diketahui, sampai dengan penghujung Agustus 2020, sedikitnya ada 170 desa di Kabupaten Blora yang mengalami bencana kekeringan akibat musim kemarau. Desa-desa tersebut mengajukan bantuan air bersih. Hal tersebut mendorong Relawan Penyelamat Mata Air “Pamor Kuwat” untuk menginisiasi dan menggalakkan penanaman di sejumlah tempat.

Dalam kesempatan tersebut, Siswo mengucapkan terima kasih atas kepercayaan para relawan untuk memanfaatkan hasil penelitian Balitek DAS yang terangkum dalam Buku Pohon Sahabat Air. Buku tersebut telah memberikan pedoman kepada para relawan dalam memliih jenis-jenis tanaman untuk menyelamatkan mata air di Kabupaten Blora.

"Kami berharap para relawan konservasi mata air tetap istiqomah, juga menjaga tekad dan semangat menuju tercapainya cita-cita "Pamor Kuwat" untuk Blora lumbung air di masa yang akan datang," kata Siswo yang berharap, ke depan akan semakin banyak lagi relawan yang peduli lingkungan, sehingga alam menjadi lestari dan terhindari dari bencana kekeringan, banjir, maupun bencana lainnya.

"Terus hijaukan daerah-daerah resapan air sesuai fungsinya (produksi, lindung, dsb.). Lindungi mata air yang masih baik serta restorasi sumber-sumber air yang rusak atau kering dengan pohon-pohon khas mata air sesuai asal-usul setempat dengan tetap memperhatikan keseimbangan ekologi, ekonomi, sosial, dan budaya," pesannya kepada relawan.***DA/DY/SYS

 

Informasi Lebih Lanjut:

Balai Litbang Teknologi Pengelolaan DAS (Balitek DAS)

Website :  http://balitekdas.id

Jl. Jend. A. Yani Pabelan Kotak Pos 295, Surakarta 57012, Telp.  0271 - 716709, Fax.   0271 – 716959

Penulis : Bambang Dwi Atmoko, Dody Yuliantoro & Siswo
Editor : Risda Hutagalung