Dientry oleh BALITEK DAS Solo - 05 January, 2021 - 554 klik
Dukung Penyelamatan Mata Air, Balitek DAS Siap Konsepkan Program Mitigasi Bencana Kekeringan di Blora

" Kami akan kawal gerakan penyelamatan mata air yang dilakukan oleh Pamor Kuwat. Kami bantu untuk menyusun konsep program mitigasi bencana kekeringan yang tepat untuk Blora. Konsep ini menjadi bahan kebijakan Pemda Kabupaten Blora paling tidak dua tahun ke depan "

[FORDA] _Untuk mengatasi masalah kekeringan di Kabupaten Blora, penggiat konservasi mata air "Pamor Kuwat" dan Balai Litbang Teknologi Pengelolaan DAS (Balitek DAS) sepakat menyusun konsep program mitigasi bencana kekeringan. Rencananya konsep tersebut akan dipresentasikan di depan Bupati Blora pada awal Januari 2021.

“Kami akan kawal gerakan Pamor Kuwat. Kami bantu untuk menyusun konsep program mitigasi bencana kekeringan yang tepat untuk Blora. Konsep ini menjadi bahan kebijakan Pemda Kabupaten Blora paling tidak dua tahun ke depan,” kata Slamet Edi Sumanto, S.Sos., M.Si., Plt Kepala Balitek DAS saat menerima kunjungan perwakilan Pamor Kuwat ke kantor Balitek DAS, Selasa (29/12/2020).

Slamet menyatakan apresiasinya kepada Pamor Kuwat yang telah memanfaatkan hasil litbang Balitek DAS. Diawali dari pemanfaatan hasil litbang Balitek DAS yang tersaji dalam Buku Pohon Sahabat Air karya Dody Yuliantoro, Bambang Dwi Atmoko, dan Siswo, Balitek DAS dan Pamor Kuwat selalu berkoordinasi.

“Kami akan tawarkan lebih. Tidak hanya pedoman jenis-jenis tanaman untuk menyelamatkan mata air, tapi kita akan dampingi mereka lebih ke dalam. Tidak cukup hanya menanam tetapi perlu usaha lebih yaitu mitigasi bencana kekeringan,” tegas Slamet.

“Kami akan jaga asa kawan-kawan relawan Pamor Kuwat untuk terus bersemangat. Terus bersinergi dan saling mengisi antar lembaga sesuai tupoksi masing-masing, sehingga cita-cita Blora menjadi lumbung air bisa terwujud,” tambahnya.

Sementara itu, Morindra Kresna, SH., perwakilan Pamor Kuwat menyatakan bahwa aktivitas penanaman terus dilakukan dengan menggandeng berbagai pihak. Saat ini Pamor Kuwat tengah merencanakan kerja sama penanaman pohon sahabat air dengan Perum Perhutani setempat dan telah mendapatkan dukungan dari Kepala Divre Perum Perhutani Unit I Jawa Tengah.

“Kami akan memperluas gerakan kami. Awalnya kami fokus pada penanaman Pohon Sahabat Air, maka kami akan meningkat untuk upaya mitigasi bencana kekeringan di Blora. Untuk itu, kami minta dukungan Balitek DAS dalam hal pertimbangan dan telaah teknis,” kata Morindra.***

Informasi Lebih Lanjut:

Balai Litbang Teknologi Pengelolaan DAS (Balitek DAS)

Website:  http://balitekdas.id

Jl. Jend. A. Yani Pabelan Kotak Pos 295, Surakarta 57012, Telp.  0271 - 716709, Fax.   0271 – 716959

Penulis : Bambang DA dan Siswo
Editor : Risda Hutagalung