Dientry oleh budi - 01 December, 2011 - 1952 klik
GPTPP Tahun 2011 Sukseskan Penanaman 1 Miliar Pohon

Gerakan Perempuan Tanam dan Pelihara Pohon (GPTPP) Tahun 2011 yang akan dilaksanakan pada tanggal 2 Desember 2011, bertempat di Situ Cipule, Desa Mulyasari, Kecamatan Ciampei, Karawang, dilakukan untuk mendukung Gerakan Penanaman dan Pemeliharaan 1 Miliar Pohon. Aksi para perempuan yang tergabung dalam tujuh organisasi perempuan Indonesia yaitu Solidaritas Istri Kabinet Indonesia Bersatu (SIKIB), Kongres Wanita Indonesia (Kowani), Dharma Wanita Persatuan, Tim Penggerak PKK, Bhayangkari, Dharma Pertiwi, dan Aliansi Perempuan untuk Pembangunan Berkelanjutan (APPB), telah dimulai sejak tahun 2007. GPTPP tahun 2011 akan dipimpin oleh Ibu Hj. Ani Bambang Yudhoyono dan mengambil tema “Ruang Terbuka Hijau Bagi Penyerapan Air Di Perkotaan”. Penanaman yang akan dihadiri ± 1.000 orang (tujuh organisasi perempuan, TNI, Altet Sea Games II, Pemda dan anak sekolah) ini bertujuan untuk (1) Meningkatkan penyerapan air dengan perluasan RTH perkotaan mencakup situ, embung, sungai, (2) Mendorong ditingkatkannya Hutan Kota bagi paru-paru perkotaan, penyerapan air dan wisata masyarakat, (3) Peningkatan pertanian perkotaan bagi ketahanan pangan dan peningkatan ekonomi keluarga, (4) Memelihara kegiatan-kegiatan yang sudah dilakukan sejak awal (melanjutkan program-program dan tema-tema terdahulu).

Dalam kesempatan tersebut, Ibu Negara akan menanam Trembesi, Ibu Herawati akan menanam Melinjo dan Menteri Kehutanan akan menanam Mahoni. Berbagai kegiatan yang dilakukan dalam GPTPP tahun 2011 meliputi (1) Penanaman pohon keras, pelindung dan penyerapan air di lahan-lahan kosong & RTH perkotaan & hutan kota, (2) Penanaman pohon di bantaran sungai sambil mengkampanyekan kebersihan sungai, (3) Memantau, evaluasi & verifikasi 5 tahun GPTP, (4) Menyulam kembali pohon-pohon yang telah ditanam sejak 2007 & mendokumentasikan pertumbuhannya, (5) Mengkampanyekan aspek Pemeliharaaan Pohon yang telah dan akan ditanam, sekaligus GPTP nya, dan (5) Pemberdayaan masyarakat terutama di daerah padat penduduk lapisan bawah untuk menggiatkan pertanian perkotaan dengan sayur, tanaman herbal & tanaman pangan lainnya yang dimungkinkan.

GPTPP telah menunjukkan kiprah yang nyata dalam upaya memperbaiki lingkungan maupun meningkatkan kesejahteraan rakyat. Tahun 2007 melalui tema Perubahan Iklim, telah menanam hampir 15 juta pohon, dengan menekankan pada pemeliharaan & penyulaman pohon yang mati, dengan acara Puncak di Perkemahan Pramuka Cibubur. Tahun 2008 dengan tema Ketahanan Pangan Keluarga, selain tanam & pelihara hampir 8 juta pohon juga tebar & pelihara hampir 42 juta benih ikan dan acara Puncak di Taman Impian Jaya Ancol, Taman Mini Indonesia Indah, Pantai Indah Kapuk. Sedangkan tahun 2009 tema yang diambil Konservasi Air, dengan tanam pohon & tebar ikan untuk revitalisasi Situ-situ / Danau-danau maupun Hutan Kota, di seluruh tanah air telah tertanam lebih dari 9,6 juta pohon dan 161 juta benih ikan Acara Puncak di Citu Kab. Bogor. Pada tahun 2010 mengambil tema Penyelamatan Hutan Pantai dan Peningkatan Kesejahteraan Nelayan dan telah berhasil menanam 33,4 juta pohon. Selain di pantai dan pesisir dengan fokus tanaman pasir, juga di daerah kritis dengan tanaman keras.

 

Jakarta,  1 Desember 2011

Kepala Pusat,

ttd

M a s y h u d

NIP.19561028 198303 1 002

 

Sumber: www.dephut.go.id