Dientry oleh admin - 10 December, 2011 - 1791 klik
PELATIHAN FASILITATOR DAN PENDAMPING TEKNIS HTR

Proyek Kerjasama Kementerian Kehutanan dan International Tropical Timber Organization (ITTO) CFM. PD 001/10 rev. 2 (f)

 

pelatihan manadoPembangunan Hutan Tanaman Rakyat (HTR) merupakan program Kementerian Kehutanan yang memerlukan perhatian karena dipandang sebagai solusi konflik kawasan hutan yang cukup representatife untuk diterapkan sekaligus sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan dan mengubah cara pandang masyarakat terhadap hutan. Dalam rangka mensukseskan program tersebut, fasilitator dan Penyuluh kehutanan merupakan ujung tombak keberhasilan pembangunan HTR. Oleh karena itu fasilitator dan penyuluh perlu dibekali pengetahuan dan keterampilan dalam proses pendampingan masyarakat.

Pelatihan Fasilitator dan Pendamping Teknis Hutan Tanaman Rakyat ini terselenggara hasil kerjasama Ditjen Bina Usaha Kehutanan (BUK) Kementerian Kehutanan dengan ITTO. Pelatihan dilaksanakan di Balai Penelitian Kehutanan Manado pada tanggal 6 s/d 10 Desember 2011 dibuka oleh Ibu Ana selaku wakil dari Ditjen BUK. Pelatihan ditujukan khusus untuk meningkatkan SDM Fasilitator dan Penyuluh Dinas Kehutanan Kab. Minahasa Utara yang pada tahun ini berhasil mendorong 10 Kelompok Tani Hutan (KTH)  untuk memperoleh pinjaman bergulir dari Badan Layanan Umum (BLU) guna membangun HTR Sengon.

Materi Pelatihan meliputi : Pembiayaan pembangunan HTR, Kebijakan pembangunan HTR dan Penyusunan RKU dan RKT, Teknik dan praktek pendampingan dan manajemen konflik, Pemetaan dan praktek partisipatif serta materi teknik dan praktek Silvikultur yang dipandu oleh Peneliti BPK Manado Ady Suryawan, S.Hut dan Anita Mayasari, S.Hut.