Dientry oleh Risda Hutagalung - 08 July, 2021 - 476 klik
BBKSDA Riau Pantau Aktivitas Si Belang di Kampung Teluk Lanus

Resort Siak Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau turun atasi penanganan konflik satwa Harimau sumatera di Kampung Teluk Lanus, Kec. Sungai Apit, Kab. Siak, Minggu (27/6).

Berdasarkan informasi dan laporan penghulu kampung Teluk Lanus, satwa telah memangsa 2 ekor kambing dan 1 ekor anjing milik warga, Rabu (23/6) tepatnya di Dusun Tiga Desa. Hasil penelusuran di kandang kambing, salah seorang warga, Absori menuturkan bahwa si belang menampakkan dirinya pada Sabtu (26/6) sekitar pkl. 01.45 WIB di kandang kambing miliknya dan memangsa kambing tersebut.

Hasil observasi di kandang kambing ditemukan jejak satwa Harimau sumatera dan langsung dilakukan pemasangan 2 camera trap untuk memantau. BBKSDA Riau secara tegas juga menghimbau Sdr. Absori untuk membuat bakaran di sekitar kandang kambing guna mencegah serangan si belang.

Observasi dilanjutkan di sekitarnya serta memberikan sosialisasi dengan membagikan poster cara mencegah konflik satwa liar, pemasangan spanduk, dan pemasangan camera trap. Semoga segera dapat diatasi dan tidak terjadi konflik berkelanjutan.

Sumber: https://www.menlhk.go.id/site/single_post/4166/bbksda-riau-pantau-aktivitas-si-belang-di-kampung-teluk-lanus

 

Penulis : www.menlhk.go.id