Dientry oleh Risda Hutagalung - 19 July, 2021 - 544 klik
BKSDA Kalsel Resmi Menambah Penangkaran Aves dan Mamalia

Balai Konservasi Sumber Daya Alam Kalimantan Selatan (BKSDA Kalsel) melaksanakan peresmian penangkaran bersama Pj. Gubernur Kalsel Bapak Syafrizal ZA, Kapolda Kalsel yang diwakili oleh Dirkrimsus Polda Kalsel (Kombes. Pol. Suhasto) dan Dirbinmas Polda Kalsel (Kombes Pol. Widiatmoko SH. SIK. MH) di tempat penangkaran AWS Bird Farm milik H. Ir. Edi Sudarmadi, Banjarbaru Kalimantan Selatan. Peresmian penangkaran burung jenis paruh bengkok dan mamalia tersebut merupakan kegiatan simbolis yang dilaksanakan berbarengan dengan kegiatan vaksin massal covid dikediaman Bapak Edi Sudarmadi yang juga menjabat sebagai Ketua Ikatan Motor Indonesia. Sementara kegiatan penangkaran aves sudah berlangsung sejak bulan Januari tahun 2020.

Di Kalimantan Selatan sudah ada 22 penangkaran resmi yang terdiri dari jenis aves, mamalia, pisces dan berharap bisa bertambah lagi dan menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pelestarian satwa. BKSDA Kalsel akan memonitoring secara berkala perkembangan penangkaran tersebut dan akan melepasliarkan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Kepala Balai KSDA Kalsel Dr. Ir. Mahrus Aryadi, M.Sc. dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan peresmian penangkaran tersebut dilakukan dengan tetap melakukan protokol kesehatan dan jumlah orang yang terbatas. Ini merupakan bentuk contoh keperdulian terhadap pelestarian satwa ditengah pandemi covid, karena saat ini semakin berkurangnya habitat dan populasi satwa di alam liar akibat perburuan, perdagangan ilegal dan kebakaran hutan dan lahan. Kita harus mendorong masyarakat agar perduli dengan melakukan kegiatan penangkaran satwa, baik yang dilindungi maupun tidak.

Pj. Gubernur Kalsel menyambut hangat dan sangat mengapresiasi terhadap kegiatan penangkaran di Kalimantan Selatan dan berharap para penangkaran bisa membantu pemerintah dalam upaya pelestarian satwa. Kapolda Kalsel Bapak Irjen. Pol. Rikwanto dalam sambutannya mendorong penangkaran yang legal dan akan membantu mengawal peredaran satwa secara illegal melalui Ditkrimsus dan sosialisasi kemasyarakat bersama Ditbinmas.  (ryn)

Sumber: https://www.menlhk.go.id/site/single_post/4211/bksda-kalsel-resmi-menambah-penangkaran-aves-dan-mamalia

 

Penulis : menlhk.go.id