Dientry oleh Risda Hutagalung - 02 August, 2021 - 268 klik
Aksi Bersih BBKSDA Sumut di Hari Mangrove Internasional 2021

Memperingati Hari Mangrove Internasional 2021 yang mengusung tema "Hijaukan Mangrove, Tingkatkan Kesejahteraan”, Balai Besar KSDA Sumatera Utara melalui Seksi Konservasi Wilayah II Stabat, melaksanakan aksi bersih kawasan di pantai Sarang Elang Desa Tapak Kuda, Kecamatan Tanjung Pura, tepatnya di kawasan Suaka Margasatwa (SM) Karang Gading dan Langkat Timur Laut, pada Senin 26 Juli 2021.

SM Karang Gading dan Langkat Timur Laut yang luasnya 15.765 hektar, merupakan salah satu kawasan konservasi di Sumatera Utara yang memiliki tipe ekosistem mangrove. Letaknya berada berada di dua kabupaten yaitu Kabupaten Langkat dan Deli Serdang.

Serangkaian kegiatan pun digelar oleh Tim Seksi Konservasi Wilayah II Stabat yang dipimpin langsung Kepala Seksi, Herbert BP. Aritonang, S.Sos., MH., bersama dengan mahasiswa Fakultas Kehutanan Universitas Sumatera Utara (USU) yang sedang melaksanakan PKL, seperti : aksi bersih pantai dengan pungut dan musnahkan sampah yang didominasi oleh sampah plastik mie instan, pemasangan name tagging pada sejumlah tanaman mangrove yang ada di kawasan untuk pengetahuan dan edukasi identifikasi bagi masyarakat, serta penyuluhan kepada masyarakat sekitar tentang penanganan sampah plastik.

Kepala Seksi Konservasi Wilayah II Stabat, Herbert BP Aritonang, menghimbau dan mengajak masyarakat untuk peduli dan menjaga kelestarian kawasan SM. Karang Gading dan Langkat Timur Laut agar  terbebas dari sampah plastik. “Katakan tidak untuk membuang sampah sembarangan !!! Rawat Hutan, Jaga Peradaban” ujar Herbert.

Sumber: https://www.menlhk.go.id/site/single_post/4242/aksi-bersih-bbksda-sumut-di-hari-mangrove-internasional-2021

 

Penulis : menlhk.go.id