Dientry oleh Risda Hutagalung - 03 August, 2021 - 135 klik
Akademisi Serahkan Elang Bondol ke Balai Besar KSDA Sumatera Utara

Warga yang peduli dengan pelestarian satwa liar semakin bertambah. Kali ini datang dari kalangan akademisi, beliau adalah Surya Dharma, S.Pd. dosen salah satu perguruan tinggi negeri di Sumatera Utara, tepatnya Universitas Negeri Medan (UNIMED). Sang dosen menyambangi kantor Balai Besar KSDA Sumatera Utara guna menyerahkan 1 ekor Elang Bondol (Haliastur indus) pada Senin, 2 Agustus 2021.

Dalam keterangannya kepada petugas, Surya Dharma menjelaskan bahwa satwa liar ini diperolehnya di halaman rumah dalam keadaan keadaan lemas, pada Jumat 30 Juli 2021. Karena kepedulian terhadap nasib satwa liar ini, Surya Dharma kemudian mencari informasi kepada sesama dosen. Akhirnya informasi didapatkan dari salah seorang dosen, Meilinda Suriani Harefa, yang merupakan  Kader Konservasi Alam Nasional binaan Balai Besar KSDA Sumatera Utara. Meilinda menyarankan untuk menyerahkan satwa tersebut kepada institusi Balai Besar KSDA Sumatera Utara.

Elang Bondol tersebut kemudian dititipkan di Pusat Penyelamatan Satwa (PPS) Sibolangit untuk mendapatkan perawatan medis serta rehabilitasi sebelum dilepasliarkan. Apresiasi dan penghargaan layak disampaikan kepada Surya Dharma yang telah menunjukkan kepeduliannya, semoga ini menjadi inspirasi bagi masyarakat lainnya untuk ikut peduli terhadap nasib satwa liar.

Sumber: https://www.menlhk.go.id/site/single_post/4261/akademisi-serahkan-elang-bondol-ke-balai-besar-ksda-sumatera-utara

 

Penulis : menlhk.go.id