Dientry oleh Rizda - 12 January, 2012 - 2924 klik
Apresiasi Manado Post atas Kerjasama BPK Manado dengan Warga Desa Mengkang dalam Membangun Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH)

Apresiasi Manado Post atas Kerjasama BPK Manado dengan Warga Desa Mengkang dalam Membangun Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH)

manado1

Pada tanggal 29 Desember 2011 Harian Ternama Sulawesi Utara Manado Post memberi penghargaan kepada 16 orang berpengaruh di Sulut, salah satu peraih penghargaan itu adalah Marsidi Kadengkeng, Sangadi Desa Mengkang Kecamatan Lolayan, Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong). Berkat kegigihannya dan dibantu oleh tim peneliti Balai Penelitian Kehutanan Manado (Kristian Mairi, S.Hut, Msc dan tim), bapak Marsidi Kadengkang membangun Pembangkit Listik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH), sehingga warga Desa Mengkang yang sejak lama dalam gulita akhirnya bisa merasakan pasokan Listrik 10.000 watt yang bisa menerangi sedikitnya 60 rumah tangga.

Akibat infrastruktur jalan akses yang masih sangat memprihatinkan, listrik dari PLN belum masuk ke Desa Mengkang yang terletak di tengah-tengah Taman Nasional Bogani Nani Wartabone yang secara geografis berada di dua provinsi, yaitu : Sulawesi Utara dan Gorontalo. Tetapi dengan adanya pasokan listrik dari PLTMH ada perubahan pola hidup warga desa, mereka tetap bisa beraktivitas di malam hari untuk menambah pendapatannya setelah siang hari bekerja di sawah maupun kebun, seperti membuat anyaman tikar dan mengerjakan pekerjaan tangan yang bisa dijual.

Berkat keberhasilannya membangun PLTMH yang membawa perubahan untuk  warga sekitarnya, Marsidi Kadengkeng mendapatkan apresiaisi dari Manado Post sebagai 16 orang berpengaruh di Sulut pada tahun 2011. Penganugerahan itu sendiri dihadiri oleh para pejabat penting, seperti Walikota Manado Dr. Vecky Lumentut DEA, Wakil Bupati Boltim Medy Lensun, Kapolda Sulut Brigjen Pol. Carlo Brix Tewu award, Danlanudsri Kol. Penerbangan Jorry Koloway (penerima special achievement), Sekretaris Kota Tomohon Arnold Poli, para wakil Pemkab dan Pemkot, para pimpinan bank umum dan BPR, Dekan FE Dr. David Saerang, ekonom Universitas Sam Ratulangi, Asita dan PHRI Sulut, pelaku usaha serta keluara besar Manado Post.