Dientry oleh Tuti - 27 December, 2016 - 1998 klik
BP2LHK Manado Raih Akreditasi Pranata Penelitian dan Pengembangan

BP2LHK Manado (Manado, 27/12/2016)_Suatu hal yang membanggakan. Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Manado, pada tahun ini berhasil menyabet Akreditasi Pranata Penelitian dan Pengembangan (APPP) dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek-Dikti).

Penyerahan akreditasi tesebut dilaksanakan langsung oleh Prof. Dr. M. Nasir., Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristek-Dikti) Kepada Ir. Muh. Abidin, M.Si., Kepala BP2LHK Manado dalam acara puncak Apresiasi Lembaga Penelitian dan Pengembangan, Jakarta (22/12).

Sebelumnya, BP2LHK Manado ada di nomor urut pranata litbang PL 052-INA yang ditetapkan oleh Kemenristek-Dikti pada 30 Nopember 2016. Proses ini sebetulnya telah dimulai sejak tahun 2015. Proses tersebut meliputi penyiapan dokumen, assessment, pembahasan panitia teknis dan rapat pleno Komisi Nasional Akreditasi Pranata Penelitian dan Pengembangan (KNAPPP).

KNAPPP ini merupakan Tim Kerja dalam lingkungan Kementerian Riset dan Teknologi. Keberadaan KNAPPP ditetapkan melalui keputusan Menteri Negara Riset dan Teknologi No. 91/M/Kp/XII/2001. Pada tahun ini diketuai oleh Ir. Patdono Suwignjo, M.Eng,.Sc., Ph.D.

Hal ini merupakan suatu hal yang patut disyukuri serta dibanggakan. BP2LHK Manado menjadi UPT daerah pertama di bawah Badan Litbang dan Inovasi (BLI) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) yang mendapatkan akreditasi APPP.

Dengan capain tersebut, secara tidak langsung BP2LHK telah mendapat pengakuan formal atas: a) kemampuan melaksanakan litbang sesuai tugas dan fungsi, visi dan misi, b) mutu keluaran hasil litbang, dan c) efisiensi dan kinerja.

Dengan mendapatkan akreditasi APPP, BP2LHK Manado dapat menjadi bagian dari komunitas/jejaring kerja dengan lembaga litbang yang lebih luas dan meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap kompetensi BP2LHK Manado dalam penyediaan jasa dan IPTEK.

Selain itu, BP2LHK Manado mendapatkan nilai positif dan berpeluang menjadi pusat unggulan IPTEK dan yang paling utama dapat menjadi sarana untuk meningkatkan capaian BP2LHK Manado menjadi lembaga yang lebih akuntabel dan kredible. ****MF.

Dokumentasi: Syamsir Sabri

Artikel terkait :

BP2LHK Menuju Satker Berpredikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK)

Perubahan Iklim jadi Momentum melakukan sinergi Pembangunan

Transfer hasil litbang melalui 3 Rangkaian gelar IPTEK BP2LHK Manado

------------------------------------------------------------------------------------

Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan Manado

Jl. Raya Adipura Kel. Kima Atas, Kec. Mapanget, Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara (Indonesia)

 

Email :

publikasi.bpkmdo@yahoo.com

bpk_mdo@yahoo.com

bpk_mdo@forda-mof.org

Website :

http://manado.litbang.menlhk.go.id

http://balithut-manado.org

E-Jurnal :

http://ejournal.forda-mof.org/ejournal-litbang/index.php/JWAS

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Penulis : Muhammad Farid