Dientry oleh Rizda - 03 November, 2017 - 1931 klik
Resmi, Jurnal Wasian Terima Akreditasi Terbitan Berkala Ilmiah (TBI) LIPI

BP2LHK Manado (Cibinong, 02/11/2017)_Jurnal Wasian Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Manado telah resmi mendapatkan akreditasi Terbitan Berkala Ilmiah (TBI) LIPI.

Berdasarkan Surat Keputusan Kepala LIPI Nomor 1015/E/2017 tanggal 20 September 2017 tentang Hasil Akreditasi TBI, Jurnal Wasian dinyatakan “Terakreditasi” dengan sertifikat akreditasi nomor 780/Akred/P2MI-LIPI/08/2017 dan berlaku selama 5 tahun (Agustus 2017 - Agustus 2022).

Penyerahan Sertifikat Akreditasi sendiri diserahkan langsung oleh Dr. Siti Nuramaliati Prijono (Sekretaris Utama LIPI) didampingi Prof. Dr. Ir. Dwi Eny Djoko Setyono, M.Sc (Kepala Pusbindiklat Peneliti LIPI) dan diterima Ir. Dodi Garnadi, M.Si, selaku Kepala BP2LHK Manado di Pusbindiklat Peneliti LIPI, Cibinong, Kamis (02/11). 

Dalam sambutannya, Kepala Pusbindiklat Peneliti LIPI menyebutkan bahwa Hasil Penilaian Akreditasi Baru/Ulang TBI Periode I Tahun 2017 terdapat 15 TBI yang lolos akreditasi, salah satunya Jurnal Wasian BP2LHK Manado. Selain itu, 2 jurnal memenuhi syarat sebagai jurnal internasional, salah satunya adalah Indonesian Journal of Forestry Research (IJFR) Badan Litbang dan Inovasi (BLI) KLHK. 

“Selamat semoga ke depan pengelolaannya bisa lebih baik lagi,” kata Djoko. 

Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris Utama LIPI, Siti Nuramaliati memberikan arahan sekaligus penghargaan atas jurnal yang sudah bisa terakreditasi. Dengan diimplementasikannya Peraturan Kepala LIPI Nomor 3 Tahun 2014 tentang Pedoman Akreditasi Terbitan Berkala Ilmiah, menuntut jurnal untuk dikelola secara elektronik untuk mendapatkan akreditasi baru atau mempertahankan akreditasinya. 

“Jurnal-jurnal yang terakreditasi merupakan wadah yang sangat penting untuk peneliti untuk bisa menulis dan mendapatkan angka kredit,” kata Siti. 

Ir. Dodi Garnadi, M.Si, Kepala BP2LHK Manado yang menerima sertifikat merasa bangga atas pencapaian ini. Akreditasi ini sendiri tidak lepas dari kerja keras dan usaha maksimal dari seluruh komponen BP2LHK Manado dan khususnya Tim Redaksi dalam mengelola Jurnal Wasian

Pencapaian ini sekaligus mensejajarkan Jurnal Wasian dengan 6 jurnal BLI lainnya yang saat ini terakreditasi yaitu IJFR, Jurnal Penelitian Hasil Hutan, Jurnal Penelitian Sosial dan Ekonomi Kehutanan, Jurnal Analisis Kebijakan Kehutanan, Jurnal Pemuliaan Tanaman Hutan, serta Jurnal Penelitian Kehutanan Wallacea. 

Jurnal Wasian memiliki International Standard Serial Number (ISSN) 2355-9969, perdana terbit pada Juni 2014 yang merupakan wujud baru dari “Info BPK Manado” dengan ISSN 2252-4401 yang sudah terbit sejak Desember 2011. Jurnal Wasian terbit dua kali dalam setahun (Juni dan Desember) berisikan artikel/tulisan ilmiah kontribusi para peneliti, akademisi, maupun masyarakat lainnya di bidang kehutanan dan melibatkan dewan redaksi dan mitra bestari yang kompeten di bidang kepakarannya. 

Sejak tahun 2016 Jurnal WASIAN telah menerapkan Online Journal System (OJS)  dan sekarang sudah terindeks di 13 Pengideks Jurnal yang salah satunya telah terindeks DOAJ. Untuk lingkup BLI Jurnal Wasian adalah jurnal ke-3 yang terindeks DOAJ setelah Jurnal IJFR Sekretariat BLI dan Jurnal Wallacea BP2LHK Makassar. 

Setelah sebelumnya pada tahun 2016 BP2LHK Manado menerima Akreditasi dari Komite Nasional Akreditasi Pranata Penelitian dan Pengembangan (KNAPPP) dan kini Akreditasi Jurnal Ilmiah dari LIPI menjadikan BP2LHK Manado telah mempunyai 2 (dua) legitimasi yang patut disyukuri dan dibanggakan untuk sebuah institusi Litbang. Bravo BP2LHK Manado.***MF dan Rinto Hidayat

 

Artikel terkait:

Menuju Jurnal Ilmiah Terakreditasi, Semangat Menulis tidak Boleh Putus

BP2LHK Manado Raih Akreditasi Pranata Penelitian dan Pengembangan

Jurnal Wasian Terbit Perdana Secara Elektronik Juni 2016

Pelatihan e-journal Untuk Meningkatkan Kualitas Publikasi Ilmiah menuju WASIAN e-journal

Jurnal Wasian, Penjelmaan Baru Media Publikasi BPK Manado

------------------------------------------------------------------------------------

Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan Manado

Jl. Raya Adipura Kel. Kima Atas, Kec. Mapanget, Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara (Indonesia)

 

Email :

publikasi.bpkmdo@yahoo.com

bp2lhkmanado@gmail.com

bpk_mdo@forda-mof.org

Website :

www.manado.litbang.menlhk.go.id

www.balithut-manado.org

E-Jurnal :

http://ejournal.forda-mof.org/ejournal-litbang/index.php/JWAS

Penulis : M. Farid dan Rinto Hidayat