Dientry oleh Muhamad Sahri Chair - 23 April, 2018 - 1571 klik
Dharma Wanita Persatuan BLI Launching Bank Sampah Unit Cendana

BLI (Bogor, 20/04/2018)_Dalam rangka memperingati Hari Bumi, Hari Kartini dan mensukseskan Program Tiga Bulan Bersih Sampah KLHK, Dharma Wanita Persatuan (DWP)  Badan Litbang dan Inovasi (BLI) meresmikan Bank Sampah  unit “CENDANA” di Ruang Sekretariat DWP BLI, Jl. Gunung Batu No. 5 Bogor, Jumat (20/04).

Dalam sambutannya, Nelly  Agus Justianto, Ketua DWP KLHK, mengatakan, “ Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja DWP BLI yang sudah diinisiasi sejak awal Januari 2018”.

“Sampai saat ini, sudah terkumpul 972 kg sampah yang sudah dibersihkan dari muka bumi ini atau setara dengan Rp. 1.139 ribu.  Pengumpulan sampah ini dilakukan sebanyak 3 kali sejak Maret 2018, yang pertama terkumpul sebanyak 161 kg, kedua sebanyak 153 kg dan yang ketiga terkumpul sebanyak 658 kg.” Lanjut Nelly. 

Dalam kesempatan tersebut, dikatakan juga “bahwa saat ini  nasabah Bank Sampah tercatat sebanyak 22 orang, untuk itu Nelly menghimbau kepada ibu-ibu perwita pusat maupun Kota Bogor, DWP dan keluarga besar BLI agar dapat menjadi nasabah Bank Sampah”.

Nelly berharap semoga keberadaan Bank Sampah ini bisa tetap eksis, tetap berjalan dan konsisten dalam membersihkan lingkungan serta menghimbau kepada semua Bapak/Ibu agar mengangkut sampah yang ada di sekitar rumah maupun tempat kerja demi kenyamanan lingkungan, sehingga keberadaan bank sampah ini membantu, bermanfaat dan memberikan kesehatan dan kenyaman bagi lingkungan serta mengurangi  tumpukan sampah yang ada di TPA agar semuanya menjadi lebih baik di bumi ini,” harapnya.

Selajan dengan itu, dalam sambutannya Kepala BLI, Dr. Agus Justianto mengingatkan kepada semua karyawan BLI untuk mendukung kegiatan Bank Sampah ini. 

“Tidak mudah mengubah mindset seseorang, namun ini bisa dilakukan mulai dari  dalam lingkup rumah tanggga kita, tetangga, RT/RW dan seterusnya, karena ini sudah menjadi program nasional,” kata Agus.

“Yang penting membangun kesadaran. Agar dapat mengatasi timbunan sampah dan mengelola sampah karena ternyata hasil sampah yg kita pilah bisa langsung diganti, sehingga semua orang bisa berlomba-lomba memilah sampah dan memperoleh penggantian uang secara langsung. Tentunya ini belum banyak dilakukan, BLI termasuk pelopor dibandingkan dengan Eselon 1 yang lain selain ditjen pengelolaan sampah,” lanjut Agus.

Ucapan terima kasih dan apresiasi kepada ibu-ibu DWP BLI, Perwita dan staf yang selalu aktif bersama-sama membantu memilah sampah. Agus berharap apa yg sudah dilakukan akan terus ditingkatkan dan bersama-sama berkomitmen untuk mengurangi timbunan sampah melalui pemilahan sampah.

Hadir pada kesempatan tersebut, Direktur Pengelolaan Sampah KLHK, Pejabat Eselon 2, 3 dan 4  lingkup BLI, Direktur Bank Sampah Induk Kota Bogor, Ketua Asosiasi Bank Sampah Kabupaten Bogor, Ketua DWP Kementerian LHK, pengurus dan anggota, Ketua Umum Perwita Wana Kencana Derah Khusus Bogor, Ketua PKK Desa Bantarjati Kec. Klapanunggul, Ketua Kelompok Wanita Tani Desa Bantarjati dan Peneliti,  dan karyawan/karyawati lingkup BLI.***LG

Penulis : Lusi Ginoga