Dientry oleh Rizda Hutagalung - 30 April, 2018 - 1573 klik
Kemenristekdikti: Punya Sertifikasi KNAPPP, Peluang BP2LHK Manado Lolos PUI Besar

BP2LHK Manado (Manado, 29/4/2018)_Yudho Baskoro, Kasubdit Lemlitbang Pemerintah Pusat, Kemristekdikti saat melakukan Sosialisasi Pusat Unggulan IPTEK (PUI) di Kantor Balai Litbang Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Manado, Jumat (27/4). Pada kesempatan ini, Yudho mengatakan BP2LHK Manado mempunyai peluang yang besar untuk lolos PUI karena telah memiliki sertifikasi Komite Nasional Akreditasi Pranata Penelitian dan Pengembangan (KNAPPP) dan akreditasi jurnal online, yaitu Jurnal Wasian. 

“Teruslah bersinergi dengan melibatkan semua pihak yang ada di lembaga dan tetap semangat karena BP2LHK Manado ini berpotensi. Jadi kalau orang lain bisa, kenapa BP2LHK Manado tidak,” tutup Yudho memotivasi. 

Sebagaimana diketahui, salah satu upaya Kemristekdikti untuk memperkuat kelembagaan IPTEK adalah melalui pengembangan PUI. Dalam sosialisasi yang dihadiri seluruh pegawai BP2LHK Manado, Yudho menyampaikan bahwa lembaga yang mendapat penghargaan PUI berarti lembaga tersebut telah diakui menjadi pusat unggulan di Indonesia. Hal ini akan menarik lembaga lainnya baik dari dalam maupun luar negeri untuk menjalin kerjasama. 

“Selain itu, lembaga tersebut akan mendapat insentif untuk lebih menguatkan lembaga yang dilihat dari 3 (tiga) kapasitas, yaitu Sourcing Absortive Capacity, Research and Development Capacity serta Diseminating Capacity,” ungkap Yudho. 

Dalam paparannya, Yudho menjelaskan untuk tahun 2018 ini tahap awal yang dilakukan adalah penilaian daftar isian borang dan proposal. Pengisian borang dan proposal ditutup paling lambat 11 Mei 2018. Selanjutnya adalah verifikasi dan penentuan lembaga yang lolos pada level pembinaan yang ditetapkan. Apabila nilai lembaga mencapai 700 maka masuk menjadi lembaga binaan dan apabila mencapai nilai lebih dari 850 maka menjadi lembaga yang ditetapkan mendapatkan PUI. 

“Borang ini mencerminkan indikator kinerja kelembagaan, dimana periode yang digunakan adalah 3 tahun untuk melihat track of record dari lembaga tersebut dan dalam pengisian borang maupun proposal tidak perlu pesimis maupun optimis,” kata Yudho. 

“Kuncinya adalah ceritakan semua kegiatan yang ada di lembaga tersebut dan lengkapi data yang ada serta dibutuhkan sehingga saat diverifikasi ada bukti,” tambah Yudho.***MF

Artikel terkait    :

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan Manado

Jl. Raya Adipura Kel. Kima Atas, Kec. Mapanget, Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara (Indonesia)

 

Email :

publikasi.bpkmdo@yahoo.com

bp2lhkmanado@gmail.com

bpk_mdo@forda-mof.org

Website :

www.manado.litbang.menlhk.go.id

www.balithut-manado.org

E-Jurnal :

http://ejournal.forda-mof.org/ejournal-litbang/index.php/JWAS

Penulis : M. Farid