Laporan Kinerja Badan Litbang dan Inovasi KLHK Tahun 2019


Laporan Kinerja Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi (BLI) tahun 2019 ini merupakan pertanggungjawaban atas pencapaian kinerja BLI dan pemenuhan akuntabilitas administratif atas pelaksanaan tugas pokok dan fungsi BLI pada tahun 2019. BLI yang merupakan salah satu unit Eselon I Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mempunyai tugas menyelenggarakan penelitian, pengembangan, dan inovasi di bidang lingkungan hidup dan kehutanan termasuk penyebarluasan hasil-hasil penelitian dan pengembangan kepada pengguna baik internal maupun eksternal KLHK.

Pencapaian kinerja BLI dalam laporan ini dilihat dari pencapaian tiga sasaran program yang diukur dari pencapaian target-target pada 3 (tiga) Indikator Kinerja Program yang juga sekaligus merupakan Indikator Kinerja Utama (IKU) BLI sebagaimana juga tertuang dalam Perjanjian Kinerja (PK) tahun 2019 antara Kepala Badan Litbang dan Inovasi dengan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Dr. Ir. Agus Justianto, M.Sc.

Adapun tiga sasaran program tersebut adalah: 1) Tersedianya iptek bidang lingkungan hidup dan kehutanan yang mendukung pencapaian kualitas lingkungan hidup, 2) Tersedianya iptek bidang lingkungan hidup dan kehutanan yang mendukung pencapaian pada devisa dan penerimaan negara, dan 3) Tersedianya iptek bidang lingkungan hidup dan kehutanan yang mendukung keseimbangan ekosistem.

Berdasarkan hasil pengukuran kinerja, kinerja BLI tahun 2019 telah mencapai 101,9%. Capaian tersebut diharapkan menggambarkan peran BLI dalam memberikan dukungan iptek yang diperlukan dalam pencapaian Sasaran Strategis dan Sasaran Program Eselon I KLHK. Untuk memperkuat gambaran akan peran tersebut, Laporan Kinerja ini juga menampilkan beberapa capaian penting yang diperoleh BLI pada tahun 2019.

Kami berharap laporan ini dapat memberikan informasi yang memadai kepada para pihak terkait pelaksanaan kegiatan dan capaian BLI selama tahun 2019. Oleh karena itu, laporan ini sejatinya merupakan media untuk melakukan evaluasi dan merumuskan tindak lanjut perbaikan-perbaikan kinerja yang penting dilakukan dalam rangka peningkatan kinerja. Hasil evaluasi kinerja sebagaimana tertuang dalam laporan ini selanjutnya akan menjadi pijakan dalam upaya-upaya nyata peningkatan akuntabilitas kinerja BLI tahun 2019.

Akhir kata, semoga laporan ini dapat memenuhi akuntabilitas yang diharapkan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta masyarakat atas mandat yang diemban BLI.

Download File Laporan Kinerja BLI KLHK Tahun 2019