Laporan Kinerja Badan Litbang dan Inovasi KLHK Tahun 2020


Laporan Kinerja Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi (BLI) tahun 2020 ini merupakan pertanggungjawaban atas pencapaian kinerja BLI dan pemenuhan akuntabilitas administratif atas pelaksanaan tugas pokok dan fungsi BLI pada tahun 2020. BLI yang merupakan salah satu unit Eselon I Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mempunyai tugas menyelenggarakan penelitian, pengembangan, dan inovasi di bidang lingkungan hidup dan kehutanan termasuk penyebarluasan hasil-hasil penelitian dan pengembangan Kepada pengguna baik internal maupun eksternal KLHK.

Pada tahun 2020, Badan Litbang dan Inovasi (BLI) berkerja dalam 5 (lima) sasaran program yaitu penguatan iptek bidang lingkungan hidup, peningkatan iptek nilai tambah hasil hutan, terkelolanya kawasan hutan dengan tujuan khusus untuk litbang, tersedianya produk litbang lingkungan hidup dan kehutanan yang inovatif dan implementatif, serta peningkatan tata kelola pemerintahan yang akuntabel, respons dan berpelayanan prima pada badan litbang dan inovasi.

Berdasarkan hasil pengukuran kinerja, kinerja BLI tahun 2020 telah mencapai 100,52%. Capaian tersebut diharapkan menggambarkan peran BLI dalam memberikan dukungan iptek yang diperlukan dalam pencapaian Sasaran Strategis dan Sasaran Program Eselon I KLHK. Untuk memperkuat gambaran akan peran tersebut, Laporan Kinerja ini juga menampilkan beberapa capaian penting yang diperoleh BLI pada tahun 2020. Kami berharap laporan ini dapat memberikan informasi yang memadai kepada para pihak terkait pelaksanaan kegiatan dan capaian BLI selama tahun 2020.

Oleh karena itu, laporan ini sejatinya merupakan media untuk melakukan evaluasi dan merumuskan tindak lanjut perbaikan-perbaikan kinerja yang penting dilakukan dalam rangka peningkatan kinerja. Hasil evaluasi kinerja sebagaimana tertuang dalam laporan ini selanjutnya akan menjadi pijakan dalam upaya-upaya nyata peningkatan akuntabilitas kinerja BLI tahun 2020. Akhir kata,semoga laporan ini dapat memenuhi akuntabilitas yang diharapkan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta masyarakat atas mandat yang diemban BLI.

Download Laporan Kinerja Badan Litbang dan Inovasi tahun 2020