FLASH MESSAGE

  • Strategi Media Sosial BP2TSTH dalam Penyebaran Informasi Litbang – Read More
  • FORDA Survey – Read More
  • Laporan Kinerja BLI Tahun 2017 (informasi pelaksanaan kegiatan di BLI) – Read More
  • Berbagai Potensi dan Peluang Penelitian bagi Mahasiswa di BP2LHK Aek Nauli – Read More
  • Mengubah Limbah Kayu Hutan Rawa Gambut Bekas Kebakaran Menjadi Arang Kompos dan Cuka Kayu – Read More
  • PUI 2018, Balitek DAS akan Bersinergi dengan B2P2BPTH Yogyakarta – Read More

Arsip Berita Tahun 2019


Siaran Pers

13 Desember 2019
Kolaborasi Aktor Tingkat Tapak Kunci Kurangi Emisi GRK

Nomor: SP. 506/HUMAS/PP/HMS.3/12/2019 Madrid, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Kamis, 12 Desember 2019. Upaya pengendalian perubahan iklim di Indonesia tidak hanya dilakukan oleh pemerintah pusat. Kolaborasi aktor-aktor di tingkat tapak yang melibatkan pemerintah daerah, pelaku usaha dan masyarakat, berkontribusi besar dalam mengurangi emisi gas rumah kaca (GRK) yang menjadi kunci dalam pengendalian perubahan iklim. Seperti yang terjadi di Kalimantan, yang terungkap saat sesi

Berita Litbang

12 Desember 2019
Progres Pembangunan Wisata Ilmiah Danau Toba di BP2LHK Aek Nauli

BP2LHK Aek Nauli (Aek Nauli, Desember 2019) _Dalam rangka mengevaluasi progres pembangunan wisata ilmiah Danau Toba, Sekretaris Badan Litbang dan Inovasi (BLI), Dr. Ir. Sylvana Ratina, M.Si melakukan kunjungan kerja ke Balai Litbang Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Aek Nauli, Jumat (6/12/2019).

Siaran Pers

12 Desember 2019
PN Jakarta Selatan Kabulkan Gugatan Karhutla KLHK terhadap PT KU

Nomor: SP. 503/HUMAS/PP/HMS.3/12/2019 Jakarta, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Kamis, 12 Desember 2019. Majelis Hakim PN Jakarta Selatan yang diketuai Hakim Akhmad Jaini, SH., MH dengan Anggota Hakim Lenny Wati Mulasimadhi, SH., MH dan Suswanti, SH., M.Hum mengabulkan Gugatan KLHK terhadap PT Kaswari Unggul (PT KU). PT KU dinyatakan melakukan perbuatan melawan hukum atas kebakaran yang terjadi dilokasi PT KU seluas 129,18 Ha di Tanjung Jabung Timur Jambi. Majelis Hakim menghu

Siaran Pers

12 Desember 2019
UEA Undang Presiden Jokowi Bicara Perubahan Iklim di Platform Pembangunan Berkelanjutan

Nomor: SP. 504/HUMAS/PP/HMS.3/12/2019 Madrid, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Kamis, 12 Desember 2019. Indonesia dan Uni Emirat Arab (UEA) sama-sama memiliki kemiripan sumber daya minyak dan energi. Kerja sama kedua negara sangat penting untuk mengatasi perubahan iklim terutama dalam sektor energi. Demikian disampaikan oleh Menteri Perubahan Iklim dan Lingkungan UEA, Thani Ahmed Alzeyoudi, dalam pertemuan bilateral dengan Wakil Menteri (Wamen) Lingkungan Hidup dan Kehutanan,

Siaran Pers

12 Desember 2019
Indonesia Tagih Komitmen Negara Maju Terhadap Perjanjian Paris

Nomor: SP. 505/HUMAS/PP/HMS.3/12/2019 Madrid, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Kamis, 12 Desember 2019. Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Alue Dohong, menegaskan komitmen Indonesia melaksanakan Perjanjian Paris dan meminta negara maju melakukan hal yang sama. Hal ini disampaikan pada pertemuan High-level Segment Perubahan Iklim Global COP25, CMP15, CMA2 di Madrid, Rabu, 11 Desember 2019.

Berita Litbang

11 Desember 2019
BP2TSTH Dukung Pengembangan Gerunggang di Bengkalis

BP2TSTH Kuok (Bengkalis, Desember 2019)_Balai Penelitian dan Pengembangan Teknologi Serat Tanaman Hutan (BP2TSTH) Kuok mendukung pengembangan hutan rakyat Gerunggang di Bengkalis dalam rangka mencegah kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Kegiatan penanaman massal Gerunggang dilaksanakan dalam acara peringatan hari menanam pohon sedunia di Kabupaten Bengkalis (9/12) yang diinisiasi oleh Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Ikatan Pemuda Melayu Peduli Lingkungan (IPMPL).

Fokus Litbang

11 Desember 2019
BLI: Relevan, Akurat, Berkualitas

BLI (Jakarta, Desember 2019)_Relevan, akurat dan berkualitas. Tiga kata yang mengemuka dalam rumusan misi brand Badan Litbang dan Inovasi (BLI) yang dihasilkan dalam workshop Pembangunan Branding BLI di Jakarta (10/12). “Memproduksi pengetahuan dan inovasi yang relevan, akurat dan berkualitas untuk penguatan kebijakan nasional dan tata kelola lingkungan hidup dan tata kelola keanekaragaman hayati yang seimbang, berkeadilan dan berkelanjutan”

Siaran Pers

11 Desember 2019
Tangkal Kampanye Hitam Sawit, Indonesia Jelaskan Aksi Korektif Pemerintah

Nomor: SP. 501/HUMAS/PP/HMS.3/12/2019 Madrid, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Selasa, 10 Desember 2019. "Pemerintah Indonesia telah melakukan langkah-langkah korektif untuk menahan laju deforestasi, termasuk dari ekspansi kelapa sawit". Demikian disampaikan oleh Alue Dohong, Wakil Menteri LHK ketika menjadi panelis pada diskusi “Sustainable Food and Land Use Systems for A Cool and Healthy Planet” yang digelar di Paviliun GCF-GEF, Senin 9 Desember waktu Madrid.

Siaran Pers

11 Desember 2019
Indonesia Gandeng Timor Leste Tangani Sampah Plastik

Nomor: SP. 502/HUMAS/PP/HMS.3/12/2019 Madrid, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Rabu, 11 Desember 2019. Timor Leste merupakan mitra strategis Indonesia dalam menangani masalah plastik dan sampah lainnya, dikarenakan kedekatan teritorial kedua negara. Indonesia dan Timor Leste berbagi daratan dan juga berbagi lautan (Laut Arafura – termasuk dengan Australia dan PNG) yang menjadikan sampah plastik sebagai persoalan bersama. Laut kedua negara saat ini dicemari oleh plastik baik d

Berita Kehutanan

11 Desember 2019
Indonesia Siap Kembangkan Komoditas Rotan dan Bambu

Madrid, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Selasa, 10 Desember 2019. Rotan dan bambu sangat penting untuk dikembangkan. Dalam pertemuan dengan Ali Mchumo, Direktur Jenderal INBAR (International Bamboo and Rattan Organization), Wakil Menteri LHK, Alue Dohong, menyatakan Indonesia sebagai negara penghasil rotan terbesar di dunia dan juga penghasil bambu yang sangat besar. Kedua komoditas tersebut sangat penting untuk dikembangkan.

Research, Development and Innovation Agency

Ministry of Environment and Forestry