FLASH MESSAGE

  • Strategi Media Sosial BP2TSTH dalam Penyebaran Informasi Litbang – Read More
  • FORDA Survey – Read More
  • Laporan Kinerja BLI Tahun 2017 (informasi pelaksanaan kegiatan di BLI) – Read More
  • Berbagai Potensi dan Peluang Penelitian bagi Mahasiswa di BP2LHK Aek Nauli – Read More
  • Mengubah Limbah Kayu Hutan Rawa Gambut Bekas Kebakaran Menjadi Arang Kompos dan Cuka Kayu – Read More
  • PUI 2018, Balitek DAS akan Bersinergi dengan B2P2BPTH Yogyakarta – Read More

Arsip Berita Tahun 2019


Berita Litbang

23 Desember 2019
Dukung Restorasi, Puslitbanghutan BLI Ajak Masyarakat Kalteng Lakukan Pembibitan Berbasis Mikoriza

P3H (Bogor, Desember 2019) _Dalam rangka mendukung restorasi hutan dan gerakan pengurangan sampah plastik, Pusat Penelitian dan Pengembangan Hutan (Puslitbanghutan), Badan Litbang dan Inovasi (BLI) KLHK mengajak masyarakat Kalimantan Tengah lakukan kegiatan pembibitan tanaman dengan media tanam ramah lingkungan. Ajakan ini disampaikan melalui kegiatan alih teknologi "Aplikasi Fungi Mikoriza untuk Restorasi Hutan Rawa Gambut Tropika di Kalimantan Tengah, Indonesia" di Kawasan Hutan dengan Tujuan

Fokus Litbang

23 Desember 2019
Peran Strategis Badan Litbang dan Inovasi KLHK di Ibu Kota Negara Baru

BLI (Jakarta, Desember 2019) _Badan Litbang dan Inovasi (BLI) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) memiliki peran strategis di Ibu Kota Negara (IKN) baru, mulai dari proses pemindahannya maupun pengembangannya kedepan. Hal ini disampaikan Plt. Inspektur Jenderal KLHK, Laksmi Wijayanti selaku koordinator Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) kepada awak media saat konferensi pers di Media Center KLHK, Jumat (20/12/2019).

Fokus Litbang

22 Desember 2019
Menristek/Kepala BRIN: Benih Unggul Kayuputih Babes Litbang BPTH, Solusi Menuju Swasembada Minyak Kayuputih

Babes Litbang BPTH (Yogyakarta, Desember 2019) _Inovasi benih unggul kayuputih Babes Litbang BPTH Yogyakarta merupakan solusi menuju swasembada minyak kayuputih. Hal ini disampaikan Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional, Prof. Bambang Brodjonegoro, Ph.D. saat melakukan penanaman bibit unggul kayu putih di KHDTK Gunungkidul, Rabu (18/12/2019). Bibit kayuputih yang ditanam merupakan hasil pemuliaan yang dilakukan sejak tahun 1995.

Berita Litbang

21 Desember 2019
Penyuluh BTNBT Perkaya Ilmu Diversifikasi Produk Lebah Madu di BP2TSTH Kuok

BP2TSTH (Kuok, Desember 2019)_Tim penyuluh Balai Taman Nasional Bukit Tigapuluh (BTNBT) mengunjungi Balai Litbang Teknologi Tanaman Serat (BP2TSTH) Kuok, Kamis, 19 Desember 2019. Kunjungan dilakukan untuk meningkatkan kapasitas sumberdaya manusia dalam pengelolaan kawasan TNBT, terutama memperkaya ilmu diversifikasi produk lebah madu.

Fokus Litbang

21 Desember 2019
Dukung KLHS Ibu Kota Negara Baru, BLI KLHK Paparkan Hasil Kajian dan Rekomendasi

BLI (Jakarta, Desember 2019) _Sebagai bentuk dukungannya dalam Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) Ibu Kota Negara (IKN) baru, Badan Litbang dan Inovasi (BLI) Kementerian LHK memberikan beberapa rekomendasi terkait aspek ekologi, sosial, budaya, dan ekonomi. Pada konferensi pers KLHK di Media Center KLHK, Jakarta, Jumat (20/12/2019) rekomendasi para peneliti tersebut dipaparkan Kepala BLI, Dr. Agus Justianto.

Fokus Litbang

21 Desember 2019
BLI Tambah Tiga Peneliti Ahli Utama

BLI (Jakarta, Desember 2019)_Badan Litbang dan Inovasi (BLI) kembali mengukuhkan tiga penelitinya menjadi pejabat fungsional Peneliti Ahli Utama, pada Jumat (20/12). Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan dilakukan oleh Kepala BLI, Dr. Agus Justianto di Ruang Rapat Jati 2 Museum Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Manggala Wanabakti, Jakarta. Pelantikan ini menambah jumlah Peneliti Ahli Utama BLI menjadi 59 orang di akhir 2019 ini.

Berita Litbang

20 Desember 2019
Balitek DAS Ditawari Pusfatja Kerja Sama Terkait PLATYPUS

Balitek DAS (Solo, Desember 2019) _Terkait PLATYPUS atau Platformnya Penginderaan Jauh untuk Semua yang dimilikinya, Pusat Pemanfaatan Penginderaan Jauh (Pusfatja) LAPAN menawarkan kerja sama kepada Balai Litbang Teknologi Daerah Aliran Sungai (Balitek DAS) Solo. Dr. M.Rokhis Khomarudin, M.Si., Kepala Pusfatja dalam kunjungannya ke Balitek DAS, Jumat (20/12/2019) menyampaikan bahwa kedepannya, platform ini akan terhubung langsung dengan Kementerian/Lembaga terkait. Salah satu manfaatnya dapat me

Berita Litbang

19 Desember 2019
Jadi Narasumber DroneMapping, Balitek DAS Dampingi Kemandirian Rencana Tata Ruang Desa Mlandi

Balitek DAS (Wonosobo, Desember 2019) _Membantu meningkatkan kemandirian Desa Mlandi, Kecamatan Garung, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, Balai Litbang Teknologi Daerah Aliran Sungai (Balitek DAS) melakukan pendampingan dan pelatihan pembuatan peta spasial Desa Mlandi. Menggunakan drone untuk menghasilkan petadetil tingkat desa, kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari, 16-17 Desember 2019 di Kantor Desa Mlandi.

Berita Litbang

19 Desember 2019
BP2TPTH-BLI dan Mitra Tanda Tangani PKS Penanaman Klon Jati Muna Hasil Pemuliaan Mutasi di Wajo, Sulsel

BP2TPTH (Bogor, Desember 2019) _Belum lama ini, Jumat (29/11/2019), Balai Litbang Teknologi Perbenihan Tanaman Hutan (BP2TPTH) Badan Litbang dan Inovasi bersama Balai Perbenihan Tanaman Hutan (BPTH) Wilayah ll Sulawesi dan Kelompok Tani Alam Lestari Sejahtera melakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) tentang Penanaman Klon Jati Muna Hasil Pemuliaan Mutasi (mutation breeding) seluas 6,25 ha di Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan. Penandatanganan tersebut dilakukan langsung di lahan yang

Berita Litbang

18 Desember 2019
Studi Banding Pengelolaan HHBK, BTNBT Kunjungi BP2LHK Aek Nauli

BP2LHK Aek Nauli (Aek Nauli, Desember 2019)_Selasa (17/12/2019), Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Aek Nauli mendapatkan kunjungan enam orang pegawai Balai Taman Nasional Bukit Tiga Puluh (BTNBT). Kunjungan tim yang terdiri dari penyuluh, polhut, dan staf ini didampingi oleh Kasi SPTN Wil I Tebo Jambi BTNBT, Hendra Koswandi, S.Hut, M.Si.

Research, Development and Innovation Agency

Ministry of Environment and Forestry