Dientry oleh Rizda Hutagalung - 08 March, 2018 - 2268 klik
Jangkau Peserta Luar Kota dengan Video Conference, Narasumber ‘Ngopi’ di Pojok Iklim Apresiasi KLHK

BLI (Bogor, Maret 2018)_Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) bersama forum Pojok Iklim mengadakan Ngopi (Ngobrol Pintar) bertema “Urbanscape dan Perubahan Iklim”, Rabu (07/03/2018). Seperti biasanya, untuk menjangkau peserta di luar kota, acara yang diadakan setiap Rabu di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta ini ditayangkan secara langsung melalui video conference (vicon) yang dioperasikan oleh tim data dan informasi Badan Litbang dan inovasi (BLI) KLHK.

Mengapresiasi hal itu, narasumber acara, Bintang A. Nugroho, arsitek lanskap yang tergabung dalam Green Building Council Indonesia (GBCI) ini, mengatakan sangat menghargai upaya untuk menyebarluaskan jalannya pertemuan ini kepada rekan-rekan lain di tempat lain secara jarak jauh.

“Saya kira ini adalah cara dan teknik yang sustainable (berkelanjutan), yang sangat dianjurkan bagi negeri kita, kepulauan yang tersebar luas ini. Seandainya pertemuan-pertemuan virtual seperti ini sering dilakukan, kita bisa menghemat banyak sekali,” kata Bintang mengingat forum ini adalah forum yang berkelanjutan, karena yang dibahas adalah isu-isu yang berkelanjutan.

Bintang mengandaikan, kalau sekarang dilakukan pertemuan nasional, tentunya banyak biaya yang harus dikeluarkan untuk transportasi. Selain itu, menurut Bintang, dengan pertemuan virtual atau webinar (web seminar) seperti ini, akan bisa menjangkau peserta dalam cakupan yang luas.

“Ini sangat baik. Kami di Green Building Council Indonesia sendiri punya cita-cita seperti itu, kami belum melakukannya untuk daerah-daerah. Kalau di World Green Building Council kami terbiasa,” kata Bintang.

“Ini benar-benar ngobrol pintar, ngobrol yang cerdas. Terima kasih untuk itu dan saya juga merasa terhormat diundang di pertemuan ini,” tambah Bintang di hadapan para peserta Ngopi.

Sebagai informasi, unit kerja BLI KLHK yang mengikuti acara tersebut dari jarak jauh, diantaranya Pusat Litbang Hutan dan Pusat Litbang Sosial Ekonomi dan Perubahan Iklim yang ada di Kampus Litbang Bogor dan yang terjauh yaitu Balai Litbang LHK Banjarbaru di Kalimantan Selatan.

Untuk diketahui, sejak tahun 2015 BLI sudah terbiasa menggunakan fasilitas vicon ini dalam forum-forum diskusi, seminar dan lokakarya internal BLI yang melibatkan 20 unit kerjanya, baik pusat dan daerah di seluruh Indonesia.

Sementara, peserta yang hadir langsung di lokasi adalah komunitas-komunitas, rekan-rekan media dan manajemen internal KLHK. Berformat semi talk show, acara kali ini dimoderatori oleh Nur Adi, Kepala Pusat Standarisasi Lingkungan KLHK.

Di awal acara, Nur Adi menyampaikan apa itu Pojok Iklim. Pojok Iklim adalah komunitas para pihak yang terdiri dari pemerhati dan praktisi lingkungan yang berkolaborasi untuk menghadapi dan mengatasi perubahan iklim. Salah satunya dengan menerapkan mitigasi adaptasi perubahan iklim di lapangan.

Selain Bintang A. Nugroho dari (GBCI), juga hadir narasumber lainnya, yaitu Anggia Murni yang juga adalah seorang arsitek lanskap yang tergabung dalam ILINET (Indonesia landscape Industries Network).***RH

 

Berita Terkait:

GBCI: Komunitas Hijau, Kunci Keberhasilan Program Pembangunan Hijau

Urbanscape: Lanskap untuk Mitigasi Perubahan Iklim

Penulis : Risda Hutagalung