FLASH MESSAGE

  • Strategi Media Sosial BP2TSTH dalam Penyebaran Informasi Litbang – Read More
  • FORDA Survey – Read More
  • Laporan Kinerja BLI Tahun 2017 (informasi pelaksanaan kegiatan di BLI) – Read More
  • Berbagai Potensi dan Peluang Penelitian bagi Mahasiswa di BP2LHK Aek Nauli – Read More
  • Mengubah Limbah Kayu Hutan Rawa Gambut Bekas Kebakaran Menjadi Arang Kompos dan Cuka Kayu – Read More
  • PUI 2018, Balitek DAS akan Bersinergi dengan B2P2BPTH Yogyakarta – Read More

Arsip Berita Tahun 2020


Berita Litbang

22 Desember 2020
Evaluasi Awal Ujicoba Forest Healing di KHDTK Aek Nauli

Selama pandemi Covid-19 ini, Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Aek Nauli telah melakukan beberapa kali ujicoba kegiatan Healing Forest yang diikuti oleh 24 peserta/responden yang merupakan pegawai BP2LHK Aek Nauli. Kegiatan ini berlangsung sekitar 1 – 2 jam dan dilaksanakan hampir setiap 2 minggu dalam beberapa bulan terakhir.

Berita Kehutanan

22 Desember 2020
KLHK Anugerahkan Kalpataru Tahun 2020 dan Nirwasita Tantra Tahun 2019

Menteri LHK Siti Nurbaya menyerahkan 10 penghargaan Kalpataru kepada tokoh dan kelompok masyarakat, di Jakarta, Senin (21/12). Mereka merupakan sosok yang dinilai berhasil dalam pelestarian lingkungan melalui prakarsanya sendiri. Penghargaan tahun ini dibagi ke dalam sejumlah kategori yaitu, Perintis, Pengabdi, Penyelamat, dan Pembina, serta Penghargaan Khusus.

Berita Litbang

22 Desember 2020
Konservasi Genetik, Budidaya dan Potensi Cemara Sumatera si Tumbuhan Obat

Mengangkat tema “Cemara Sumatera: Potensi, Konservasi dan Upaya Pemanfaatan Lestari Guna Mendukung SDGs”, Semarak Riset Alam Melalui Bincang Ilmiah (SERAMBI) Seri 5 digelar Jumat (18/12/2020). Selain tiga peneliti, perwakilan kelompok tani hutan pemerhati tanaman ini juga dihadirkan sebagai narasumber webinar berseri Balai Litbang Teknologi Serat Tanaman Hutan (BP2TSTH) ini.

Berita Litbang

21 Desember 2020
Capaian Pemuliaan Tanaman Hutan untuk Peningkatan Kualitas Bahan Baku Industri

Pemuliaan tanaman yang telah dilakukan Balai Besar Litbang BPTH (B2P2BPTH) dapat mengatasi kebutuhan benih unggul, dalam rangka memenuhi bahan baku kayu maupun bahan baku bukan kayu untuk industri hilir. Benih unggul hasil pemuliaan bila dibandingkan dengan benih bukan hasil pemuliaan memperlihatkan perbedaan yang signifikan terhadap riap volume maupun kualitas kayu.

Berita Kehutanan

21 Desember 2020
Harimau Sumatera Corina Pulang Kampung

Dipimpin langsung oleh Direktur Jenderal KSDAE Wiratno, KLHK melepasliarkan Harimau Sumatera “Corina” ke habitatnya di kawasan Restorasi Ekosistem Riau, Minggu (20/12). Ikut serta dalam pelepasliaran antara lain tim Balai Besar KSDA Riau, Tim PRHSD, serta tim APRIL/ RER - PT. Gemilang Cipta Nusantara. Penentuan lokasi pelepasliaran dilakukan berdasarkan hasil kajian kesesuaian habitat oleh Tim Pakar yang dipimpin oleh Prof. Satyawan Pudyatmoko dari Fakultas Kehutanan UGM.

Berita Litbang

21 Desember 2020
Teknik Penyimpanan untuk Benih Cempaka Wasian Berkualitas

Cempaka wasian merupakan jenis kayu primadona bagi masyarakat Sulawesi Utara. Jenis kayu ini memiliki peruntukan yang cukup strategis sebagai bahan baku pembuatan mebel, interior ruangan, alat musik maupun kerajinan tangan. Cempaka wasian juga merupakan jenis kayu yang memiliki nilai historis dan sangat erat dengan budaya masyarakat Minahasa, karena telah sejak lama digunakan sebagai material utama dalam pembuatan rumah adat.

Siaran Pers

20 Desember 2020
Sebelas Orangutan Sumatra Hasil Repatriasi Sampai di Sumatera Utara dan Jambi

NOMOR: SP. 509/HUMAS/PP/HMS.3/12/2020 Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) beserta Kementerian Luar Negeri, Kedutaan Besar RI Kuala lumpur dan Kedutaan Besar RI Bangkok telah berhasil memulangkan 11 (sebelas) individu orangutan sumatera (Pongo abelii) yang terdiri dari 9 (sembilan) orangutan dari Malaysia dan 2 (dua) orangutan dari Thailand. Kesebelas orangutan tersebut pada hari Jumat, 18 Desember 2020, telah sampai di Sumatera Utara dan Jambi untuk melakukan karantina sebelum n

Siaran Pers

19 Desember 2020
Dukung Usaha Budidaya Bambu, Wamen LHK Kunjungi Agroforestri Hutan Bambu di Pulau Flores, NTT

Nomor: SP.510/HUMAS/PP/HMS.3/12/2020 Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Wamen LHK), Alue Dohong melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Pulau Flores Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) selama 4 hari mulai tanggal 14-17 Desember 2020. Kunjugan ini merupakan bagian dari upaya mendukung usaha budidaya bambu yang kini dikembangkan oleh masyarakat bersama Yayasan Bambu Lestari di Kabupaten Ngada Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Berita Kehutanan

18 Desember 2020
Menteri LHK: Pejabat KLHK Mesti Kuat di Segala Cuaca

NOMOR: SP. 508/HUMAS/PP/HMS.3/12/2020 Menteri LHK Siti Nurbaya melantik satu Pejabat Pimpinan Tinggi Madya (Eselon I) yaitu Inspektur Jenderal KLHK, dan lima Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama (Eselon II) lingkup KLHK di Jakarta, Jumat (18/12). Menteri Siti berpesan para pejabat di KLHK dapat menjadi sosok yang kuat dan tahan banting.

Berita Litbang

18 Desember 2020
BP2LHK Aek Nauli Luncurkan Buku “Pendekatan Baru Pengelolaan KHDTK Aek Nauli dengan Silvopastoral”

BP2LHK Aek Nauli dengan bangga meluncurkan buku “Pendekatan Baru Pengelolaan KHDTK Aek Nauli dengan Silvopastoral”. Buku ini merupakan sarana penyebaran informasi ilmiah tentang pengelolaan KHDTK kepada para pemangku kepentingan secara khusus, dan untuk mengenalkan konsep silvopastoral di KHDTK kepada masyarakat secara umum.

Research, Development and Innovation Agency

Ministry of Environment and Forestry