FLASH MESSAGE

  • Strategi Media Sosial BP2TSTH dalam Penyebaran Informasi Litbang – Read More
  • FORDA Survey – Read More
  • Laporan Kinerja BLI Tahun 2017 (informasi pelaksanaan kegiatan di BLI) – Read More
  • Berbagai Potensi dan Peluang Penelitian bagi Mahasiswa di BP2LHK Aek Nauli – Read More
  • Mengubah Limbah Kayu Hutan Rawa Gambut Bekas Kebakaran Menjadi Arang Kompos dan Cuka Kayu – Read More
  • PUI 2018, Balitek DAS akan Bersinergi dengan B2P2BPTH Yogyakarta – Read More

Arsip Berita Tahun 2020


Berita Litbang

15 Desember 2020
Fasilitasi Kebutuhan Daerah, BP2TSTH Bimbing KTNA di Kampar Terapkan Iptek Hasil Litbang

Dalam rangka memfasilitasi kebutuhan daerah, Kepala Balai Litbang Teknologi Serat Tanaman Hutan (BP2TSTH) dan tim mengunjungi Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kecamatan Gunung Sahilan, Kabupaten Kampar, Jumat (11/12/2020). Turun ke lapangan, tim mengidentifikasi potensi pengembangan budidaya lebah madu dan gaharu yang ada di sana, kemudian menyampaikan paket ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) hasil litbangnya.

Berita Litbang

15 Desember 2020
Penilaian Kinerja Pelaksanaan Anggaran, Balitek DAS Raih Peringkat Empat

Balitek DAS berhasil meraih penghargaan dari Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Surakarta sebagai peraih peringkat keempat atas penilaian kinerja pelaksanaan anggaran kategori pagu di bawah 100 milyar rupiah. Penghargaan ini merupakan capaian atas kinerja Balitek DAS dalam pengelolaan anggaran sesuai dengan aturan.

Siaran Pers

14 Desember 2020
Tahun 2020: 32 PROPER Emas, 2.038 Perusahaan Turunkan Emisi Karbon 131 Juta Ton

NOMOR: SP. 502/HUMAS/PP/HMS.3/12/2020 KLHK memberikan Anugerah PROPER Tahun 2020 kepada 32 perusahaan peringkat PROPER EMAS, di Jakarta, Senin (14/12). Di saat yang sama juga diumumkan penghargaan peringkat HIJAU untuk 125 perusahaan. Anugerah PROPER diberikan kepada perusahaan-perusahaan yang menunjukkan ketaatan terhadap peraturan perundangan pengelolaan lingkungan hidup.

Berita Litbang

14 Desember 2020
Profesor Riset KLHK Orasikan Pentingnya Sinergi Fungsi Hutan sebagai Pengatur Tata Air dan Penyerap Karbon

Dalam orasi pengukuhannya sebagai Profesor Riset Bidang Konservasi Tanah dan Air, di Manggala Wanabakti, Jakarta, Kamis (3/12/2020) lalu, Prof. Ris. Dr. Ir. Tyas Mutiara Basuki, M.Sc, Peneliti Balai Litbang Teknologi Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (Balitek DAS) – Badan Litbang dan Inovasi (BLI) menyampaikan pentingnya sinergi fungsi hutan sebagai pengatur tata air dan penyerap karbon.

Berita Litbang

11 Desember 2020
Kondisi Fisik dan Intensitas Hujan Picu Longsor di Karanganyar, Begini Rekomendasi Peneliti Balitek DAS

Curah hujan dengan intensitas tinggi tepatnya 200 mm selama tiga hari berturut-turut menjadi pemicu terjadinya longsor di Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Sabtu malam (5/12/2020) lalu. Hal ini diungkapkan Peneliti Balitek DAS, Beny Harjadi setelah meninjau lokasi longsor di Desa Tengklik, Senin (7/12/2020).

Berita Litbang

10 Desember 2020
Bincang Seru Peneliti, Akademisi dan Praktisi tentang Regulasi Hingga Praktik Pemanfaatan Lahan Gambut di Riau

Webinar berseri bertajuk Semarak Riset Alam Melalui Bincang Ilmiah (SERAMBI) kembali digelar Balai Penelitian dan Pengembangan Teknologi Serat Tanaman Hutan (BP2TSTH), Selasa (8/12/2020). Berbincang seru tentang regulasi hingga praktik pemanfaatan lahan gambut di Provinsi Riau, SERAMBI seri ketiga ini menghadirkan peneliti, akademisi dan praktisi yang berkecimpung di dalamnya, selaku narasumber.

Berita Kehutanan

10 Desember 2020
KLHK Pertegas Anti Korupsi Melalui Pakta Integritas

Untuk dapat memberantas tindakan-tindakan korupsi, dibutuhkan upaya-upaya yang sistematis dalam memperbaiki sistem kerja, dan meningkatkan integritas setiap personil di dalamnya. Salah satu langkah penting dalam upaya sistematis tersebut adalah membangun budaya integritas, dan citra organisasi melalui deklarasi terbuka komitmen pimpinan.

Siaran Pers

08 Desember 2020
Indonesia Youth Climate Summit 2020, Wadah Aksi Generasi Muda dalam Pengendalian Perubahan Iklim

Nomor: SP.500/HUMAS/PP/HMS.3/12/2020 Rangkaian penyelenggaraan Indonesia Youth Climate Summit (IYCS-2020) telah dilaksanakan dari bulan Agustus hingga Desember 2020 dengan berbagai kegiatan secara daring. Puncaknya, IYCS 2020 yang mengangkat tema “Indonesia Youth Accord“ melangsungkan webinar melalui aplikasi Zoom dan streaming Youtube pada Senin (7/12/2020).

Berita Litbang

08 Desember 2020
Kunjungi Balitek DAS, Komnas HAM Studi Banding Sistem Kearsipan dan Wacanakan Kolaborasi Penelitian

Dalam rangka studi banding sistem kearsipan, beberapa waktu lalu tim dari Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) berkunjung ke Balai Litbang Teknologi Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (Balitek DAS). Balitek DAS menjadi instansi kedua yang dikunjungi Komnas HAM terkait ini, setelah sebelumnya berkunjung ke Kantor Unit Pusat Kearsipan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) di Cimanggis.

Berita Litbang

07 Desember 2020
OPL Berbagi Pengalaman Riset dan Praktik Pengelolaan Lahan Gambut di Tingkat Tapak

Webinar berseri “Obrolan Pelepas Lelah” (OPL) kembali digelar Balai Litbang LHK Palembang, Selasa (1/10/2020). Mengusung tema “Harmoni Manusia dan Alam di Lahan Basah”, seri ke-6 OPL ini mengupas implikasi teori-teori yang ada di lahan gambut. Seperti seri-seri sebelumnya, OPL kali ini juga mendapat respon positif dari para sahabatnya yang berasal dari berbagai kalangan.

Research, Development and Innovation Agency

Ministry of Environment and Forestry