FLASH MESSAGE

  • Strategi Media Sosial BP2TSTH dalam Penyebaran Informasi Litbang – Read More
  • FORDA Survey – Read More
  • Laporan Kinerja BLI Tahun 2017 (informasi pelaksanaan kegiatan di BLI) – Read More
  • Berbagai Potensi dan Peluang Penelitian bagi Mahasiswa di BP2LHK Aek Nauli – Read More
  • Mengubah Limbah Kayu Hutan Rawa Gambut Bekas Kebakaran Menjadi Arang Kompos dan Cuka Kayu – Read More
  • PUI 2018, Balitek DAS akan Bersinergi dengan B2P2BPTH Yogyakarta – Read More

Arsip Berita Tahun 2020


Berita Litbang

18 Desember 2020
P3KLL Verifikasi Tiga Laboratorium Lingkungan Daerah Menuju Akreditasi 2021

Tim Puslitbang Kualitas Laboratorium Lingkungan (P3KLL) terus melakukan pendampingan dan pembinaan terhadap Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Laboratorium Lingkungan Daerah di Indonesia menuju akreditasi. Tahun 2020 ini P3KLL telah melakukan verifikasi kinerja laboratorium terhadap tiga UPTD Laboratorium Lingkungan Daerah untuk persiapan menjadi peserta program Prioritas Nasional 2021.

Berita Litbang

18 Desember 2020
Penandatanganan PKS Pengelolaan KHDTK Cemoro Modang

BLI KLHK sepakat melaksanakan kerja sama dengan Perum Perhutani Divisi Regional Jawa tengah tentang Pengelolaan Bersama KHDTK Cemoro Modang. Hal ini ditandai dengan penandatanganan PKS oleh Sekretaris BLI KLHK dan Kepala Perum Perhutani Divisi Regional Jawa Tengah di kantor Balitek DAS Solo, Rabu (16/12/2020).

Siaran Pers

18 Desember 2020
Welcome Back to Habitat, Orangutan Sumatera

Sebelas orangutan sumatera (Pongo Abelii) dari Thailand dan Malaysia telah berhasil dipulangkan ke Indonesia pada Hari Kamis, 17 Desember 2020. Kesebelas orangutan yang dipulangkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan beserta Kementerian Luar Negeri, Kedutaan Besar RI Kuala lumpur dan Kedutaan Besar RI Bangkok merupakan korban perdagangan ilegal satwa liar internasional yang berhasil disita oleh pihak berwenang setempat.

Berita Litbang

17 Desember 2020
Pemangku Kepentingan Bicara Keanekaragaman Hayati di Sumbar Sekitarnya

Webinar berseri Semarak Riset Alam Melalui Bincang Ilmiah (SERAMBI) kembali digelar, Rabu (16/12/2020). Mengangkat tema “Kehati: Potensi dan Pemanfaatannya”, SERAMBI Seri 4 ini menghadirkan pemangku kepentingan sebagai narasumber dan disiarkan langsung dari kaki Gunung Singgalang, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat.

Siaran Pers

17 Desember 2020
Pemerintah Manfaatkan Limbah Tailing untuk Material Infrastruktur Jalan

NOMOR: SP. 506/HUMAS/PP/HMS.3/12/2020 Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KPUPR) melepas tailing PT Freeport Indonesia (PTFI) dari Jetty Jembatan 2 Mill Post 11 Wilayah Kerja PT Freeport Indonesia di Kabupaten Mimika ke Dermaga Kali Tamu di Merauke sebanyak 4.000 Ton untuk digunakan sebagai material agregat infrastruktur jalan di Merauke, Selasa (15/12). Kegiatan pemanfaatan tailing ini, pertama kali dilakukan selama berdiriny

Berita Litbang

16 Desember 2020
Kiprah Ahli Persemaian BP2LHK Banjarbaru Jelang Purna Tugas

Adalah Rusmana, S.Hut, Peneliti Muda pada Balai Litbang LHK Banjarbaru yang telah mengabdikan diri sejak 36 tahun lalu. Persemaian merupakan rumah keduanya. Pak Rus, panggilan akrabnya, senang sekali mengoleksi benih tanaman yang ditemukannya di lapangan, menyemainya dan mengamati perkembangannya. Karenanya, setiap ada kegiatan terkait persemaian, Pak Rus lah yang ditunjuk maupun diminta langsung oleh instansi penyelenggara.

Berita Litbang

16 Desember 2020
Lanjutkan Diskusi, Peserta Webinar SERAMBI 3 Kunjungi BP2TSTH

Tertarik dengan hasil litbang yang disampaikan peneliti BP2TSTH pada webinar SERAMBI Seri ke-3, peserta dari IUPHHK-HA PT. Diamond Raya Timber berkunjung ke kantor BP2TSTH, Senin (14/12/2020). Disambut Kepala BP2TSTH dan peneliti yang menjadi narasumber SERAMBI ke-3, dua orang tamu tersebut konsultasi tentang agroforesty yang tepat di lahan gambut di wilayah konsesi mereka.

Siaran Pers

16 Desember 2020
Pemerintah Kembangkan Strategi Nasional Industri Bambu Rakyat

Nomor: SP. 505/HUMAS/PP/HMS.3/12/2020 Sebagai salah satu Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK), bambu memiliki perspektif nilai ekonomi, konservasi, dan budaya. Bambu juga dikategorikan sebagai bahan yang bisa digunakan sebagai pengganti kayu. Karena potensi besar dari bambu inilah, Pemerintah tengah fokus mengembangkan strategi nasional industri bambu rakyat diantaranya dengan pembangunan 1.000 desa bambu.

Berita Kehutanan

15 Desember 2020
Peresmian Stasiun Riset Cabang Panti dan Soft Launching Desa Wisata Gunung Sembilan Taman Nasional Gunung Palung

Balai Taman Nasional Gunung Palung (TANAGUPA) bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Kayong Utara dan Forkopimda Kabupaten Kayong Utara melaksanakan peresmian sarana dan prasarana Stasiun Riset Cabang Panti (SRCP) dan soft launching Desa Wisata Gunung Sembilan. Acara ini juga di hadiri oleh perwakilan Direktorat Jenderal KSDAE Kementerian LHK serta para Mitra Balai TANAGUPA. Peresmian sarana dan prasarana SRCP dilaksanakan pada hari Sabtu, tanggal 12 Desember 2020 di Stasiun Riset Cabang Panti, Dus

Siaran Pers

15 Desember 2020
Indonesia Siap Implementasikan Program Pembayaran Berbasis Kinerja Hasil Pengurangan Emisi Karbon dari Deforestasi dan Degradasi Hutan

Pemerintah Indonesia telah siap untuk mengimplementasikan program Pengurangan Emisi dari Deforestasi dan Degradasi Hutan melalui Program Forest Carbon Partnership Facilities-Carbon Fund (FCPF-CF) World Bank. Melalui program ini, Indonesia berpeluang menerima pembayaran berbasis hasil (Results Based Payment/RBP) hingga 110 juta USD untuk mengurangi 22 juta ton emisi karbondioksida di Provinsi Kalimantan Timur.

Research, Development and Innovation Agency

Ministry of Environment and Forestry