FLASH MESSAGE

  • Strategi Media Sosial BP2TSTH dalam Penyebaran Informasi Litbang – Read More
  • FORDA Survey – Read More
  • Laporan Kinerja BLI Tahun 2017 (informasi pelaksanaan kegiatan di BLI) – Read More
  • Berbagai Potensi dan Peluang Penelitian bagi Mahasiswa di BP2LHK Aek Nauli – Read More
  • Mengubah Limbah Kayu Hutan Rawa Gambut Bekas Kebakaran Menjadi Arang Kompos dan Cuka Kayu – Read More
  • PUI 2018, Balitek DAS akan Bersinergi dengan B2P2BPTH Yogyakarta – Read More

Arsip Berita Tahun 2020


Berita Litbang

28 Desember 2020
Balitek DAS dan Perum Perhutani KPH Surakarta Tambah Koleksi Taman Sakura Lawu

Dengan protokol kesehatan, Balai Litbang Teknologi Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (Balitek DAS) bersama Perum Perhutani KPH Surakarta melakukan penanaman di Taman Sakura Lawu (Sakral), Cemoro Kandang, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Rabu (23/12/2020). Sebanyak 31 batang pohon sakura jenis Prunus cerasoides setinggi 1,5 - 2 meter yang berasal dari Kebun Raya Cibodas-LIPI ditanam untuk menambah koleksi taman yang pernah dikunjungi Menteri LHK ini.

Berita Litbang

28 Desember 2020
Raih Penghargaan WBK 2020, Balitek KSDA: Pelayanan Berkualitas dan Bebas dari Korupsi adalah Keharusan

Era saat ini, bebas dari korupsi dan memberikan pelayanan yang berkualitas, bersih dan melayani bukan lagi menjadi sebuah tuntutan, namun sebuah keharusan. Hal ini disampaikan Kepala Balai Litbang Teknologi Konservasi Sumber Daya Alam (Balitek KSDA) Samboja, Ishak Yassir terkait penghargaan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) Tahun 2020 yang diterima Balitek KSDA dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Senin (21/12/2020).

Siaran Pers

25 Desember 2020
Gakkum KLHK tahan Pemilik 300 kg Daging Rusa ilegal di Labuan Bajo

Nomor: SP. 515/HUMAS/PP/HMS.3/12/2020 Penyidik Balai Gakkum KLHK Wilayah Jawa, Bali dan Nusa Tenggara (Jabalnusra), 21 Desember 2020, menyita 300 kg daging rusa yang setara dengan 30 ekor rusa yang akan dikirim ke Bima, NTB, kemudian menahan IH (58) sebagai pelaku, di Labuan Bajo.

Berita Kehutanan

24 Desember 2020
Dukungan Kementerian LHK dalam Pemulihan Ekonomi Nasional

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya menjadi salah satu panelis dalam Dialog Nasional Outlook Perekonomian Indonesia di Jakarta (22/12/2020). Pada awal paparannya, Menteri Siti bersyukur mendapatkan kesempatan berbicara mengenai persoalan ekonomi yang menurutnya jarang didapati.

Berita Litbang

24 Desember 2020
Blusukan Lanskap untuk Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang Lebih Baik

Persoalan klasik lingkungan hidup dan kehutanan adalah bagaimana menghadirkan manfaat ekologi, ekonomi, dan sosial dari sebuah unit ekosistem (desa, kabupaten, provinsi, pulau, kawasan tertentu, dan lain sebagainya) secara bersamaan. Persoalan dan tantangan fenomena tersebut memerlukan pendekatan, gagasan, dan cara-cara yang lebih efektif untuk menanganinya.

Siaran Pers

23 Desember 2020
Menteri LHK Sambut Baik Pelantikan Kepala Badan Restorasi Gambut dan Mangrove

Nomor: SP.513/HUMAS/PP/HMS.3/12/2020 Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya menyambut baik atas dilantiknya Hartono sebagai Kepala Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM). Hartono dilantik Presiden Joko Widodo bersama-sama dengan Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Irjen. Pol. Petrus R. Golose di Istana Merdeka, Jakarta (23/12/2020), setelah pelantikan Menteri dan Wakil Menteri.

Berita Litbang

23 Desember 2020
Enkapsulasi Flavonoid Daun Gaharu

Senyawa yang terkandung di daun gaharu yaitu flavonoid, glikosida, tannin, dan steroid/triterpenoid dan lain sebagainya. Hasil penelitian Cheng dan Wang (2009) menyebutkan bahwa senyawa flavonoid bertindak sebagai penangkap radikal bebas karena adanya gugus hidroksil yang dikandungnya mendonorkan hydrogen kepada radikal bebas. Potensi inilah yang menjadi dasar pengolahan daun pohon penghasil gaharu menjadi serbuk dan dikemas secara enkapsulasi. Proses ini diupayakan untuk memastikan optimalisasi

Berita Litbang

23 Desember 2020
Balitek DAS Diseminasikan Teknologi Praktis Pengelolaan DAS

Pada era ini, kehidupan kita tidak lepas dari teknologi. Begitu juga dalam pengelolaan Daerah Aliran Sungai (DAS), peranan teknologi sangatlah penting dalam implemetasinya di lapangan. Teknologi tersebut haruslah murah, praktis, dan mudah diimplementasikan sebagaimana Iptek hasil litbang Balai Litbang Teknologi Pengelolaan DAS (Balitek DAS) yang didiseminasikan dalam Webinar CerDAS Seri #4, Senin (21/12/2020).

Fokus Litbang

22 Desember 2020
Two Work Units of FORDA Achieve Award of the Integrity Zone Towards Corruption-Free Area 2020

[FORDA] _At the end of 2020, the Research, Development and Innovation Agency (FORDA- Ministry of Environment and Forestry (MoEF) obtained another achievement. Monday (21/12/2020), two of its work units achieved an award of the Integrity Zone (IZ) towards the Corruption-Free Area (WBK) 2020 from the Ministry of Administrative and Bureaucratic Reform (PAN-RB).

Berita Litbang

22 Desember 2020
Bersatu Selamatkan Mata Air di Blora

Untuk menyelamatkan Kabupaten Blora, Jawa Tengah dari bencana kekeringan, Balitek DAS bersama Perum Perhutani CDK Kabupatan Blora, Polsek Banjarejo, Relawan Pamor Kuwat, Pemuda Pancasila, dan IKA SKMA Cabang Blora melakukan penanaman "Pohon Sahabat Air" di Embung Jurang Jero, Desa Sidomulyo, Kec. Banjarejo, Jumat (18/12/2020).

Research, Development and Innovation Agency

Ministry of Environment and Forestry