Dientry oleh Master Administrator - 15 February, 2019 - 3399 klik
Kurikulum Mangrove Karya Peneliti BLI-KLHK Raih MURI

BLI (Cirebon, Februari 2019)_Kurikulum Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH) Tematik Mangrove meraih penghargaan Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI). Kurikulum ini tersusun atas kontribusi para pihak yang kompeten di bidangnya. Salah satunya adalah Dr. Hendra Gunawan, peneliti utama pada Badan Litbang dan Inovasi (BLI), Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), yang berperan sebagai ketua tim dan koordinator penyusunannya.

Piagam MURI diserahkan oleh Senior Manager MURI, Yusuf Ngadri kepada Pemerintah Kabupaten Indramayu dan PT. Pertamina Rafinery Unit VI Balongan, sebagai pihak yang memasukan kurikulum PLH tematik mangrove di sekolah dasar untuk yang pertama kalinya di Indonesia. Acara ini digelar dalam rangkaian kegiatan Coastal Clean Up Pantai Kejawanan, Cirebon, serta disaksikan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Dr. Siti Nurbaya, Jum’at (15/2).

“Tadi kita juga menyaksikan, bagaimana inovasi muncul di Indramayu dengan buku kurikulum. Hal-hal seperti ini sungguh sangat membanggakan,” kata Menteri Siti dalam sambutannya. Keberhasilan Indramayu meraih MURI  sangat diapresiasi oleh Siti. Dari peristiwa sulit yang dialami Indramayu, kemudian dapat dijadikan pembelajaran serta diwujudkan dalam kurikulum, “Ini kan keren banget!” pujinya.

Baca juga: Cerita Sukses Perbaikan Ekosistem Mangrove Karasong, Indramayu

Soal mangrove, lanjut Siti, “Tahun ini sangat penting menjadi program utamanya juga kementerian.” Oleh sebab itu kehadiran kurikulum tematik mangrove ini sangat penting bagi Indonesia. Karena ini adalah instrumen dan sarana pendidikan. “Artinya kita membangun generasi muda kita yang memahami lingkungan dan mencintai lingkungan,” pungkasnya.

 

Menumbuhkan kesadaran konservasi lintas generasi

Saat ditemui di sela-sela acara, Hendra, menjelaskan bahwa keprihatinan atas semakin luasnya kerusakan hutan mangrove di Indonesia melatarbelakangi penyusunan kurikulum ini. Baginya, diperlukan lebih dari sekedar gerakan menanam. Menumbuhkan kesadaran dan memelihara semangat konservasi alam, terutama lintas generasi, adalah hal sangat penting yang harus dilakukan.

“Hanya melalui kurikulum, kita bisa membangun karakter cinta mangrove secara terstruktur dan melekat sepanjang hidup,” tegas Hendra. Kurikulum PLH tematik mangrove ini secara efektif mulai diberlakukan pada tahun pelajaran 2017/2018 pada 11 SD se-Kabupaten Indramayu, selanjutnya meluas mencakup 26 SD pada 2018/2019. 

Baca juga: Wariskan Semangat Konservasi, Peneliti KLHK Susun Buku PLH Tematik Mangrove

Pada saat ini kurikulum diterapkan mulai SD kelas 4, 5 dan 6. Dipilihnya tingkat SD karena pendidikan dasar akan menjadi pondasi bagi anak-anak ke depannya. Diharapkan kelak, mereka dapat meneruskan perjuangan melestarikan lingkungan di Indramayu.

“Saya dan tim penyusun berharap, ke depan, PLH tematik mangrove ini dapat diajarkan di semua sekolah di pesisir Indonesia. Dan ini merupakan juga salah satu upaya mitigasi bencana tsunami. Karena di dalam buku ini ada bab mitigasi bencana di wilayah pesisir,” pungkas Hendra.

 

BLI akan terus menguatkan riset mangrove

Kepala Pusat Litbang Hutan (P3H), Dr. Kirsfianti Ginoga, saat dihubungi melalui telepon genggamnya, bersyukur bahwa aplikasi hasil riset dan inovasi mangrove karya peneliti BLI (Dr Hendra Gunawan), telah mendapatkan pengakuan dunia dengan tercatat di MURI.

“Ini semakin memacu BLI untuk terus mereplikasi dan mengaplikasikan  inovatif solusion hasil litbang mangrove dengan menggalang kerjasama di tingkat lokal, nasional dan global, termasuk penguatan Pusat Riset Mangrove Karangsong,” jelasnya.

Baca juga: BLI dan Mitra Deklarasikan Pusat Riset Mangrove Karasong, Indramayu

Selama ini, menurut Kirsfianti, BLI telah banyak melakukan kegiatan riset mangrove. Berbagai aspek seperti konservasi, sosial ekonomi dan budaya dan aspek lingkungan, telah diteliti. Termasuk juga penguatan kapasitas dan edukasi pada generasi muda untuk turut melestarikan mangrove dan ekosistemnya.

Sejak 2017, Hendra dan tim telah menyusun buku-buku penunjang mencakup buku kompetensi inti dan dasar, buku teks, buku LKS serta buku panduan guru. Seluruhnya ada 10 buku. Tim terdiri atas peneliti dan widyaiswara KLHK; peneliti IPB, ITB dan Wetland internasional; serta para guru Dinas Pendidikan Kabupaten Indramayu dan PT. Pertamina Unit VI Balongan.  Selanjutnya, tim penyusun juga terlibat dalam melatih guru-guru pengampu PLH tematik mangrove.

Kurikulum ini disusun secara bottom up, dari keinginan dan komitmen Pemerintah Kabupaten Indramayu serta masyarakat Indramayu sendiri. PT. Pertamina Unit VI Balongan mendukung kegiatan ini sebagai kontribusi nyata kepedulian lingkungan hidup sekitarnya melalui program Corporate Social Responsibility (CSR). *(DP)

----------

Informasi lebih lanjut:
Pusat Litbang Hutan (P3H)
http://hutan.litbang.menlhk.go.id atau http://puslitbanghut.or.id
Jl. Gunung Batu No. 5, Po. Box. 165, Bogor 16610, Telp. 0251- 8633234, 520067, Fax. 0251 - 8638111, Email: datinfo.p3h@gmail.com

 

Penulis : Dyah Puspasari