FLASH MESSAGE

  • Strategi Media Sosial BP2TSTH dalam Penyebaran Informasi Litbang – Read More
  • FORDA Survey – Read More
  • Laporan Kinerja BLI Tahun 2017 (informasi pelaksanaan kegiatan di BLI) – Read More
  • Berbagai Potensi dan Peluang Penelitian bagi Mahasiswa di BP2LHK Aek Nauli – Read More
  • Mengubah Limbah Kayu Hutan Rawa Gambut Bekas Kebakaran Menjadi Arang Kompos dan Cuka Kayu – Read More
  • PUI 2018, Balitek DAS akan Bersinergi dengan B2P2BPTH Yogyakarta – Read More

Arsip Berita Tahun 2019


Fokus Litbang

05 Desember 2019
Penyulingan Perdana Kayuputih Unggul di Gunungkidul: Semangat Swasembada Kayuputih Nasional

B2P2BPTH (Yogyakarta, November 2019) _Bersama stakeholder lainnya, Babes Litbang BPTH baru-baru ini, Selasa (2/12/2019) melakukan penyulingan perdana kayuputih unggul, hasil panen di Kebun dan Penyulingan KTH Kayuputih “Inovasi Tani Makmur 95”, Petak 95 Paliyan-KHDTK Gunungkidul. Stakeholder yang hadir: kelompok tani, peneliti, birokrat dan pengusaha bertekad membawa Indonesia swasembada kayuputih pada 2024.

Berita Litbang

05 Desember 2019
One Code WAN Data, Optimalisasi Pemanfaatan E-Herbarium Wanariset

Balitek KSDA (Samboja, November 2019) _Balai Penelitian dan Pengembangan Teknologi Konservasi Sumber Daya Alam (Balitek KSDA) terus melakukan penyebarluasan data dan informasi hasil kegiatan penelitian dan pengembangan yang telah dilakukan, salah satunya adalah dengan membuat One Code WAN Data.

Berita Litbang

05 Desember 2019
Diapresiasi, One Code WAN Data Balitek KSDA-BLI Akan Diaplikasikan Para Mitra

Balitek KSDA (Samboja, November 2019) _Mengapresiasi One Code WAN Data, inovasi Balai Litbang Teknologi Konservasi Sumber Daya Alam (Balitek KSDA) sebagai upaya optimalisasi penyebarluasan data dan informasi e-Herbarium Wanariset, para mitra akan mengaplikasikannya di tempat mereka.

Berita Litbang

05 Desember 2019
Peringatan Hari Ibu 2019: Perempuan Berdaya, Indonesia Maju

BLI (Bogor, Desember 2019)_Hari Ibu lahir dari pergerakan perempuan Indonesia yang diawali Kongres Perempuan Pertama 22 Desember 1928 di Yogyakarta, dengan tekad bersama untuk mendorong kemerdekaan Indonesia. Kini 91 tahun setelahnya, dalam upaya mengisi kemerdekaan, Peringatan Hari Ibu (PHI) 2019 dijadikan momentum menguatkan para perempuan Indonesia untuk lebih berdaya sehingga mampu berkontribusi menjadikan Indonesia Maju.

Berita Kehutanan

05 Desember 2019
Pulihkan Lahan, Menteri LHK Pimpin Puncak Acara GNPDAS 2019

Malang, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Rabu, 4 Desember 2019. Puncak acara Gerakan Nasional Pemulihan Daerah Aliran Sungai (GNPDAS) tahun 2019 dilaksanakan di Desa Oro-oro Ombo, Kecamatan Batu, Kota Batu, Jawa Timur. Menteri LHK, Siti Nurbaya akan memimpin langsung puncak acara GNPDAS pada esok hari, Kamis (5/12). Mengambil tema Pulihkan Lahan Membangun Masa Depan, GNPDAS diharapkan dapat menjadi inspirasi masyarakat untuk melakukan pemulihan hutan dan lahan.

Siaran Pers

05 Desember 2019
Teknologi Indonesia Bantu Mitigasi dan Adaptasi Perubahan Iklim

Nomor: SP. 486/HUMAS/PP/HMS.3/12/2019 Madrid, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Rabu, 4 Desember 2019. Pemerintah Indonesia terus memperbarui teknologi pemantauan cuaca dan iklim. Langkah ini penting agar kebijakan mitigasi perubahan iklim bisa ditentukan dengan tepat. Pembaruan teknologi itu juga penting untuk menentukan aksi-aksi adaptasi perubahan iklim yang diperlukan.

Berita Kehutanan

05 Desember 2019
Pulihkan Lahan Kritis di Hulu DAS, KLHK Ajak Tanam Pohon Kacang Termahal di Dunia

Malang, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Kamis, 5 Desember 2019. KLHK melakukan langkah terpadu untuk memulihkan sekitar 14 juta ha lahan kritis, yang tersebar di 17 ribu Daerah Aliran Sungai (DAS) di Indonesia. Perspektif pemulihan tidak lagi hanya sekedar menanam pohon, namun meluas pada pemulihan lahan kritis di hulu DAS.

Siaran Pers

04 Desember 2019
Misi Negosiator DELRI pada COP 25

Nomor: SP. 482/HUMAS/PP/HMS.3/12/2019 Madrid, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Selasa 3 Desember 2019. Indonesia kembali mengirimkan delegasi untuk memperjuangkan kepentingan Indonesia dan menunjukkan aksi dan capaian Indonesia dalam penaggulangan perubahan iklim. Melalui dua jalur strategi, yaitu jalur negosiasi (hard diplomacy) dan jalur outreach dan campaign (soft diplomacy) dengan Paviliun Indonesia. Para negosiator Indonesia memperjuangkan misi berupa kepentingan dan komi

Siaran Pers

04 Desember 2019
DPR RI Dukung Aksi Atasi Perubahan Iklim

Nomor: SP. 483/HUMAS/PP/HMS.3/12/2019 Madrid, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Rabu 4 Desember 2019. Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar menegaskan kesiapannya bekerja sama dengan pemerintah dan seluruh lapisan masyarakat dalam mengarustamankan perubahan iklim dan membumikan Politik Hijau.

Berita Litbang

03 Desember 2019
Delegasi Fiji dan Timor Leste Magang Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan

B2P2BPTH (Yogyakarta, November 2019) _Kepala Balai Besar Litbang BPTH Yogyakarta (Biotifor), Dr. Nur Sumedi, S.Pi., MP., berharap pembelajaran yang didapat delegasi negara Fiji dan Timor Leste, peserta magang Internship Programme on Forest Biotechnology and Landslide Mitigation di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), khususnya di Babes Litbang Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan (BPTH), dapat menginspirasi untuk diterapkan di negaranya masing-masing. Terkait itu, Biotifor siap

Research, Development and Innovation Agency

Ministry of Environment and Forestry