FLASH MESSAGE

  • Strategi Media Sosial BP2TSTH dalam Penyebaran Informasi Litbang – Read More
  • FORDA Survey – Read More
  • Laporan Kinerja BLI Tahun 2017 (informasi pelaksanaan kegiatan di BLI) – Read More
  • Berbagai Potensi dan Peluang Penelitian bagi Mahasiswa di BP2LHK Aek Nauli – Read More
  • Mengubah Limbah Kayu Hutan Rawa Gambut Bekas Kebakaran Menjadi Arang Kompos dan Cuka Kayu – Read More
  • PUI 2018, Balitek DAS akan Bersinergi dengan B2P2BPTH Yogyakarta – Read More

Arsip Berita Tahun 2017


Berita Litbang

30 November 2017

P3KLL (Serpong, 22/11/2017)_Dalam rangka menjalin harmonisasi dengan pihak terkait dalam pengembangan metode kalibrasi khususnya di bidang lingkungan hidup, Pusat Litbang Kualitas dan Laboratorium Lingkungan (P3KLL) mengadakan Focus Group Disscusion (FGD) Kalibrasi Peralatan Lingkungan. Melalui FGD yang dilaksanakan di Auditorium P3KLL, Serpong, Selasa (21/11) tersebut, telah dibentuk suatu Forum Laboratorium Kalibrasi.

Berita Litbang

30 November 2017

BP2LHK Aek Nauli (Aek Nauli, 28/11/2017)_Di Sumatera Utara, potensi HHBK sangat menjanjikan untuk dikembangkan, mengingat keanekaragaman sumberdaya hayati yang ada, salah satunya adalah kemenyan. Untuk meningkatkan nilai tambah kemenyan, peneliti Balai Litbang LHK (BP2LHK) Aek Nauli berhasil menciptakan inovasi parfum yang terbuat dari getah kemenyan.

Berita Kehutanan

29 November 2017

Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Korps Pegawai Negeri Republik Indonesia (Korpri) yang ke-46 di tahun 2017, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menyelenggarakan upacara yang dihadiri oleh seluruh jajaran dan staf KLHK di Plaza Ir. Soedjono Soerjo Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta (29/11/2017).

Berita Litbang

28 November 2017

Balitek DAS (Solo, 27/11/2017)_Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus (KHDTK) Gombong yang merupakan salah satu KHDTK yang dikelola oleh Balai Litbang Teknologi Pengelolaan (Balitek) DAS Solo diharapkan bisa menjadi pilot project pengelolaan hutan lindung. Hal ini diungkapkan oleh Dr.Ir. Sylvana Ratina, M.Si, Sekretaris Badan Litbang dan Inovasi (Sekbadan) saat kunjungan kerja ke KHDTK Gombong, Selasa (21/11).

Berita Litbang

28 November 2017

BP2LHK Aek Nauli (Tarutung, 23/11/2017)_BP2LHK Aek Nauli bekerjasama dengan PT. Toba Pulp Lestari (TPL) mengadakan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Kelompok Tani Kemenyan di Desa Rura Julu Dolok, Kecamatan Sipaholon, Kabupaten Tapanuli Utara, Kamis (23/11). Dalam Pelatihan ini, BP2LHK Aek Nauli bertindak sebagai narasumber budidaya kemenyan.

Berita Litbang

28 November 2017

Balitek DAS (Solo, 24/11/2017)_Dr. Sylvana Ratina, M.Si, Sekretaris BLI, KLHK menilai bahwa Peneliti BLI telah menghasilkan beragam hal yang luar biasa. Sayangnya, hasil-hasil tersebut belum banyak yang dipublikasikan ke luar sehingga belum banyak termanfaatkan. Hal ini dikemukakannya pada saat acara pembinaan pegawai Balitek DAS di Solo, Senin (20/11).

Berita Kehutanan

28 November 2017

Dalam rangka penguatan strategi pengendalian kebakaran hutan dan lahan, KLHK menyusun kebijakan tentang Kriteria Status Siaga dan Darurat Kebakaran Hutan dan Lahan. Peraturan ini menjadi bahasan penting dengan melibatkan intansi terkait seperti BNPB, BMKG, LAPAN, BPBD pada wilayah Provinsi rawan karhutla, Balai Konservasi Sumber Daya Alam pada wilayah rawan karhutla, serta Balai Pengendalian Perubahan Iklim dan Kebakaran Hutan dan Lahan di lima wilayah (Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Jawa-Bali-

Berita Kehutanan

28 November 2017

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menegaskan kembali komitmen penegakkan hukum bagi korporasi yang terlibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Terbaru, Pengadilan Tinggi Jakarta menolak upaya banding PT Waringin Agro Jaya (WAJ), dan mengabulkan gugatan perdata KLHK dalam kasus Karhutla sebesar Rp 466 miliar.

Berita Litbang

27 November 2017

BP2LHK Manado (Manado, 24/11/2017)_Inspektur Wilayah IV Kementerian LHK, Ir. Wisnu Prastowo, MF pada pembinaan pegawai lingkup UPT KLHK Sulawesi Utara di kantor BKSDA Sulawesi Utara, Kamis (23/11), mengingatkan tentang pentingnya 3 (tiga) komponen penting untuk SDM, yaitu integritas, kompetensi dan placement.

Berita Litbang

27 November 2017

BP2LHK Banjarbaru (Banjarbaru, 24/11/2017)_Dr. Acep, peneliti utama Balai Litbang Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Banjarbaru menjadi salah satu narasumber pada seminar internasional “The 2nd International Conference on Innovation and Commercialization of Forest Product” yang diselenggarakan pada Selasa (21/11) di Hotel Grand Dafam, Banjarbaru, Kalimantan Selatan.

Research, Development and Innovation Agency

Ministry of Environment and Forestry