Dientry oleh BP2LHK Banjarbaru - 04 January, 2021 - 659 klik
Nge-RePeat Bersama Pegadaian Go Green

" Kegiatan ini sangat bagus, karena kita melakukan action langsung di lapangan untuk memperbaiki hutan, khususnya hutan rawa gambut. Kita bukan hanya membantu pemerintah dalam memperbaiki lingkungan tapi harapannya kegiatan ini memberi manfaat bagi lingkungan, khususnya untuk merehabilitasi hutan di Kalimantan "

[FORDA] _Program RePeat (Rehabilitation of Peatland) yang dikembangkan Balai Litbang LHK Banjarbaru, kembali menggugah berbagai pihak untuk menanam secara sukarela di lahan gambut dalam rangka rehabilitasi. Salah satunya adalah PT. Pegadaian Persero Kalimantan Tengah yang nge-RePeat di penghujung tahun 2020, tepatnya Minggu (20/12/2020) lalu.

Baca juga: RePeat: Gerakan Inisiatif Rehabilitasi Lahan Gambut Bekas Terbakar

Dikemas lewat program “Pegadaian Go Green”, pada RePeat kali ini ditanam 500 pohon jenis Shorea balangeran di lokasi RePeat KHDTK Tumbang Nusa yang dikelola Balai Litbang LHK Banjarbaru, dengan luasan sekitar setengah hektar. 40 orang dari PT. Pegadaian Persero dan PT. Jamkrindo serta 13 orang mahasiswa magang menjadi partisipan dalam penanaman ini.

Baca juga: Bupati Pulang Pisau dan PT. PJB UBJOM Pulang Pisau Nge-RePeat di KHDTK Tumbang Nusa

Penanaman dilakukan dengan sebagian dibuat lubang tanam, sebagian lagi dengan langsung ditugal
menggunakan peralatan sederhana. Kurang lebih 2,5 jam, 500 pohon tersebut selesai ditanam. Seperti biasa acara diakhiri dengan melakukan stempel telapak tangan dengan lumpur rawa gambut. Hal tersebut sebagai bukti sumbangsih para partisipan dalam kegiatan tersebut.

Baca juga: Siswa Asal Jepang dan Australia Ikut Nge-RePeat di KHDTK Tumbang Nusa

Terkait itu, dalam wawancaranya dengan TVRI Kalteng, Ade Harsono, Vice President PT. Pegadaian Area Kalselteng mengungkapkan bahwa PT. Pegadaian Persero tidak hanya fokus pada bisnis, melainkan juga melaksanakan program- program yang berguna untuk masyarakat dan lingkungan. Salah satunya adalah program Pegadaian Go Green, langkah nyata untuk peduli terhadap lingkungan.

Baca juga: RePeat dan CampPeat BP2LHK Banjarbaru Tarik Perhatian Korea Indonesia Forest Center

“Sebagai bentuk kepedulian kami terhadap lingkungan, maka hari ini kami melaksanakan kegiatan Pegadaian Go Green bersama dengan rekan bisnis kami PT Jamkrindo menanam 500 pohon,” ujar Ade. “Kami rencanakan kegiatan ini akan kami laksanakan rutin setiap tahunya,” tambahnya.

“Kegiatan ini sangat bagus sekali, karena kita melakukan action langsung di lapangan untuk memperbaiki hutan, khususnya hutan rawa gambut,” timpal Rizki Triyugo, Pimpinan Cabang Jamkrindo Wilayah Kalteng. “Kita bukan hanya membantu pemerintah dalam memperbaiki lingkungan tapi harapannya kegiatan ini memberi manfaat bagi lingkungan, khususnya untuk merehabilitasi hutan di Kalimantan,” pungkasnya.

Baca juga: Prof. Gusti M. Hatta Apresiasi RePeat di KHDTK Tumbang Nusa yang Difasilitasi BPK Banjarbaru

“RePeat” merupakan tagline untuk mengajak dan menginisiasi siapa saja, baik perorangan dan kelompok masyarakat yang mau berpartisipasi secara sukarela untuk merehabilitasi lahan gambut bekas terbakar dengan penanaman. Kampanye “RePeat” ini dilakukan melalui media sosial (facebook, whatsapp dll) dan telah mendapatkan respon positif dari para netizen. Menindaklanjuti RePeat ini, seperti sebelum-sebelumnya, setelah penanaman, Balai Litbang LHK Banjarbaru rutin melakukan pengecekan pertumbuhan tanaman dan penyulaman jika ada yang mati.***

Editor : Risda Hutagalung