Dientry oleh Muhamad Sahri Chair - 17 December, 2018 - 2351 klik
BP2LHK Manado Raih Pusat Unggulan IPTEK

BP2LHK MANADO (Tangerang,  Desember 2018) Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Manado, yang merupakan Unit Kerja Badan Litbang dan Inovasi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BLI-KLHK) mendapatkan kesempatan menjadi Lembaga Litbang yang dibina menjadi Pusat Unggulan IPTEK (PUI) selama 3 (tiga) tahun, yaitu tahun 2019-2021.

Untuk memperoleh PUI tersebut tidaklah mudah, perlu perjuangan selama proses seleksi untuk mendapatkan selama kurang lebih 8 bulan, akhirnya BP2LHK Manado mendapatkan kesempatan menjadi Lembaga Litbang yang dibina menjadi Pusat Unggulan IPTEK (PUI) selama 3 (tiga) tahun, yaitu tahun 2019-2021.

Proses ini ditandai dengan Penandatanganan master plan PUI Konservasi Flora Fauna Endemik Wallacea BP2LHK Manado pada acara Apresiasi Lembaga Litbang Tahun 2018 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD Tangerang, Kamis (13/12).

“Apresiasi yang diberikan Kemenristekdikti ini untuk meningkatkan dan menggalakkan masalah inovasi. Lembaga litbang yang sudah menjadi PUI harus mencetak para peneliti yang menghasilkan publikasi untuk tingkat internasional, prototype, dan inovasi,” sebut Direktur Jenderal Kelembagaan IPTEK dan Dikti, Dr. Ir. Patdono Suwignjo, M.Eng.Sc mewakili Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti).

Diharapkan dengan tumbuhnya inovasi dan teknologi yang disertai dengan pemanfaatan oleh pengguna, kontribusi IPTEK terhadap pertumbuhan ekonomi dapat meningkat. Kemenristekdikti berupaya untuk selalu meningkatkan daya saing bangsa melalui kualitas lembaga litbang. Salah satunya adalah dengan pengembangan PUI yang bertujuan untuk membina lembaga litbang yang mampu menghasilkan riset inovatif sehingga memberikan manfaat bagi masyarakat.

BP2LHK Manado sebagai warga baru PUI mendapatkan kesempatan memberikan sepatah kata dalam Forum Silaturahmi PUI Tahun 2018.  Forum ini merupakan sarana saling mengenal dan silahturahmi antar lembaga PUI. Forum ini diikuti seluruh lembaga PUI yang telah bergabung dalam Progam PUI sejak 2011 sampai dengan tahun 2018, ditambah lembaga PUI hasil seleksi tahun 2018. Diharapkan agenda ini menjadi ajang pembuka komunikasi antarlembaga litbang PUI.

“Kami menyampaikan ucapan terima kasih kepada Tim PUI Kemenristekdikti dan Puslitbang Pembina kami di Badan Litbang dan Inovasi (BLI), yaitu Puslitbang Hutan yang tahun ini sudah ditetapkan sebagai Pusat Unggulan IPTEK Tahun 2018 bersama dengan Puslitbang Sosial Ekonomi Kebijakan dan Perubahan Iklim” ungkap Ir. Dodi Garnadi, M.Si, Kepala BP2LHK Manado.

Dodi berterima kasih pula kepada Tim PUI BP2LHK Manado dan berharap bahwa pencapaian ini bisa dikawal dengan baik sehingga mencapai nilai yang bagus sehingga bisa mempertahankan status menjadi binaan atau bahkan bisa menjadi status ditetapkan sehingga mendapat fasilitas yang lebih baik.

Diinformasikan, agenda acara Apresiasi Lembaga Litbang Tahun 2018 sendiri diawali dengan Laporan Direktur Lembaga Litbang, Ir. Kemal Prihatman, M.Eng yang menyebutkan bahwa acara ini dihadiri oleh ± 750 peserta dari ± 137 lembaga litbang. Dilanjutkan dengan penyerahan Apresiasi Badan Litbang daerah Berkinerja Utama sebanyak 15 BPPD, Penyerahan 15 Sertifikat KNAPPP dan Apresiasi 4 Lembaga Litbang Industri Inovatif yang diberikan oleh Dirjen Kelembagaan IPTEK dan Dikti yang didampingi oleh Direktur Lembaga Litbang serta Ketua Dewan Riset Nasional.

Agenda berikutnya adalah Penandatangan Deklarasi Masterplan untuk 31 lembaga litbang, Deklarasi PUI Tahun 2018 dan Apresiasi Lembaga Induk Pembina Terbaik dimana kita patut berbangga karena BLI Kementerian LHK menjadi salah satu dari 5 Lembaga Induk Pembina Terbaik. ***Rinto Hidayat

Dokumentasi : Rinto Hidayat dan Tim PUI

Artikel Terkait :

Kemenristekdikti: Punya Sertifikasi KNAPPP, Peluang BP2LHK Manado Lolos PUI Besar

Resmi, Jurnal Wasian Terima Akreditasi Terbitan Berkala Ilmiah (TBI) LIPI

BP2LHK Manado Raih Akreditasi Pranata Penelitian dan Pengembangan

ABC BP2LHK Manado Kembali Berhasil Tingkatkan Populasi Anoa Melalui Kelahiran Bayi Anoa Yang Ketiga

Kunjungan Menteri LHK ke ABC BP2LHK Manado: Kelahiran Anoa (Kedua), Kemajuan Hasil Penelitian Proses Penangkaran yang Dilakukan KLHK

Kelahiran Anoa di ABC BP2LHK Manado, Harapan Baru Konservasi di Indonesia

Gubernur Baru Sulawesi Utara Dukung Anoa Breeding Centre Manado

 

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

bp2lhkmanado

                                             

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

 

Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan Manado

Jl. Raya Adipura Kel. Kima Atas, Kec. Mapanget, Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara (Indonesia)

 

Email :

publikasi.bpkmdo@yahoo.com

bp2lhkmanado@gmail.com

bpk_mdo@forda-mof.org

Website :

www.manado.litbang.menlhk.go.id

www.balithut-manado.org

E-Jurnal :

http://ejournal.forda-mof.org/ejournal-litbang/index.php/JWAS

Penulis : Rinto Hidayat